Hari Sumpah Pemuda

Inilah Naskah Otentik Sumpah Pemuda yang tak Kita Ketahui, Lihat Bedanya

Momen itu sebagai cikal bakal bersatunya komponen pemuda dari berbagai latar belakang di Nusantara untuk terikat

Inilah Naskah Otentik Sumpah Pemuda yang tak Kita Ketahui, Lihat Bedanya
Istimewa
Sumpah Pemuda 

TRIBUNKALTENG.COM, PALEMBANG - Jelang Sumpah Pemuda, 28 Oktober, google trend ramai membicarakan soal Rumusan Kongres Sumpah Pemuda dan teks yang sesungguhnya.

Tanggal 28 Oktober tiap tahun diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Momen itu sebagai cikal bakal bersatunya komponen pemuda dari berbagai latar belakang di Nusantara untuk terikat dalam sebuah nation-state atau bangsa.

Baca: Apel Kebangsaan Sumpah Pemuda di Palangkaraya, Inilah Sumpah Pemuda Jaman Now

umpah Pemuda merupakan hasil Kongres Pemuda Kedua yang dirumuskan pada 28 Oktober 1928 di Batavia atau kini dikenal sebagai Jakarta.

Rumusan asli ini seperti ditulis Moehammad Yamin pada secarik kertas yang disodorkan kepada Soegondo ketika Mr Sunario tengah berpidato pada sesi terakhir kongres (sebagai utusan kepanduan) sambil berbisik kepada Soegondo: Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie (Saya mempunyai suatu formulasi yang lebih elegan untuk keputusan Kongres ini), yang kemudian Soegondo membubuhi paraf setuju pada secarik kertas tersebut, kemudian diteruskan kepada yang lain untuk paraf setuju juga.

x

Seperti diketahui tulis dalam sumpahpemuda.org, Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Dalam rumusan www.edukasippkn.com yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua[1] yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia".

Halaman
1234
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved