Sains

Wuih Kereen! Mahasiswa Poliban Bikin Aplikasi Doa di Android

Namun dia berharap aplikasi yang dihasilkan oleh mereka dapat dikomersialkan sebagai produk inovasi kampus.

Wuih Kereen! Mahasiswa Poliban Bikin Aplikasi Doa di Android
Banjarmasin Post edisi cetak
Banjarmasin Post Cetak Edisi Minggu (15/10/2017) 

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN - JANGAN disangka, aplikasi atau game yang ada di telepon pintar milik kita buatan orang asing saja. Dosen dan mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) juga bisa membuatnya lho!

Adi Pratomo bersama sejumlah mahasiswanya di Jurusan Manajemen Informatika telah membikin aplikasi berbasis Android seperti Doa Pendek Sehari-hari, Pengenalan Huruf dan Angka serta Mengenal Keanekaragaman Budaya Nusantara.

“Beberapa kelompok mahasiswa yang saya bimbing kerjakan aplikasi itu. Ini bagian dari tugas akhir,” kata bapak empat anak tersebut.

Baca: Ya Allah, Dua Bocah Yatim Piatu Telantar Ini Tidur di Lantai Gerai ATM

Sejauh ini aplikasi, yang dibikin dosen kelahiran Jakarta berusia 42 tahun ini bersama mahasiswanya, baru digunakan di lingkungan kampus.

Belum ada yang dikomersilkan. Namun dia berharap aplikasi yang dihasilkan oleh mereka dapat dikomersialkan sebagai produk inovasi kampus.

Sejatinya, menurut lulusan S1 Institut Teknologi Nasional Malang dan S2 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia ini, banyak orang bisa membuatnya. Namun untuk membikin aplikasi diperlukan keuletan sehingga bisa terus dikembangkan.

Baca: Begini Komentar Juergen Klopp Ketika Peluang Juara Liverpool Tipis Setelah Ditahan Imbang MU

Dia pun mencontohnya membuat aplikasi game Android. Diperlukan perangkat lunak komputer seperti Adobe Flash yang dapat menghasilkan aplikasi Adobe Air.

Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved