Breaking News:

Bisnis dan Ekonomi

Harga Emas Capai Level Tertinggi dalam 9 Bulan Terakhir, Ini Pemicunya

Emas juga diuntungkan dengan pelemahan dollar AS. Mata uang Paman Sam tertekan setelah data belanja konsumen AS dilaporkan naik lebih rendah dari eksp

Editor: Mustain Khaitami
ISTIMEWA
Emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Harga emas bertengger di level tertinggi lebih dari 9 bulan, karena ketegangan di Semenanjung Korea masih bertahan.

Bloomberg hari ini Jumat (1/9/2017) pukul 09.54 WIB melaporkan, emas berjangka untuk pengiriman Desember 2016 di Comex-AS naik 0,19% ke posisi US$ 1.324,8 per troi ons. Ini merupakan harga tertinggi sejak awal Desember 2016.

Sepekan, harga emasbahkan sudah melesat 2 persen.Situasi di semenanjung Korea masih memanas. Mengutip CNBC, Jet Korea Selatan dan Jepang mengikuti latihan bersama dengan dua pesawat pembom Amerika Serikat, B-1B supersonik, di dekat semenanjung Korea pada Kamis.

Latihan perang ini berlangsung dua hari setelah Korea Utara menembakkan rudal melewati Jepang. Ketegangan ini memicu kekhawatiran pelaku pasar sehingga mendongkrak permintaan safe haven, seperti emas.

Emas juga diuntungkan dengan pelemahan dollar AS. Mata uang Paman Sam tertekan setelah data belanja konsumen AS dilaporkan naik lebih rendah dari ekspektasi analis.

Data ini mengurangi ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed pada Desember.

Namun, pasar masih akan mencermati data payroll bulanan AS yang akan dirilis pada Jumat ini.  (Dupla Kartini/Sumber: CNBC)

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved