Kabar Dunia

Korea Utara Uji Coba Rudal Balistik Antar-Benua, "Daratan AS Dalam Jangkauan Kami''

Peluncuran telah dilakukan pada Jumat malam dan melibatkan versi terbaru ICBM Hwasong-14. Tindakan itu jelas melanggar resolusi Dewan Keamanan (DK) Pe

Korea Utara Uji Coba Rudal Balistik Antar-Benua,
(Mirror/Reuters)
Rezim pemimpin muda Korut, Kim Jong Un, Selasa (4/7/2017), mengklaim telah berhasil menguji kemampuan rudal balistik antarbenua (ICBM) yang berdaya jangkau hingga mencapai daratan Amerika Serikat. 

TRIBUNKALTENG.COM, SEOUL - Korea Utara mengatakan telah melakukan uji coba peluncuran rudal balistik antar benua ( ICBM) yang diawasi langsung oleh pemimpinnya, Kim Jong Un. 

Informasi itu disiarkan oleh kantor berita resmi Pyongyang, Sabtu (29/7/2017), sebagaimana diteruskan kantor berita Perancis, AFP.

Peluncuran telah dilakukan pada Jumat malam dan melibatkan versi terbaru ICBM Hwasong-14. Tindakan itu jelas melanggar resolusi Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Rudal tersebut terbang sejauh 998 km dalam tempo sekitar 47 menit di ketinggian jelajah 3.724,9 km, demikian dilaporkan Kantor Berita Pusat Korea (KCNA).

Peluncuran rudal tersebut diawasi langsung pemimpin muda Korut, Kim Jong Un. Dari hasil uji coba itu, Korut dapat memastikan, seluruh wilayah daratan AS berada dalam jangkauan rudal tersebut.

Jong Un mengatakan, uji coba terbaru itu menunjukkan kemampuan Korut untuk menembakkan rudal "di mana dan kapan saja" dapat dilakukan.

KCNA mengatakan, "pemimpin (Kim Jong Un) mengatakan dengan bangga bahwa dengan pengujian terseput dipastikan semua wilayah daratan AS berada dalam jangkauan kami."

AS, Jepang, Korea Selatan, dan China menyampaikan sikap tegas yakni memprotes program rudal Korut itu.

Beijing "mendesak Korut untuk mematuhi resolusi PBB dan berhenti melakukan tindakan yang dapat memperburuk situasi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang. (Pascal S Bin Saju)

Berita ini telah diterbitkan Kompas.com dengan judul: Rudal Balistik Antar-Benua Korut Bisa Jangkau Seluruh Daratan AS

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved