Berita Regional

Waduh! Ada 7 Perusahaan di Semarang yang Belum Beri THR ke Karyawan

Dari tujuh perusahaan tersebut, lima di antaranya sudah ada kesepakatan akan membayar secara bertahap dalam waktu dekat.

THINKSTOCK.COM

TRIBUNKALTENG.COM, SEMARANG - Tujuh perusahaan di Provinsi Jawa Tengah belum memberi uang tunjangan hari raya (THR) kepada karyawannya hingga H+7 Lebaran 2017.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jateng Wika Bintang mengatakan, dari tujuh perusahaan yang diadukan karena belum membayarkan THR.

Dari tujuh perusahaan tersebut, lima di antaranya sudah ada kesepakatan akan membayar secara bertahap dalam waktu dekat.

"Sedangkan sisanya belum," kata Wika di Semarang, Senin (3/7/2017).

Ia mengungkapkan bahwa tiga dari tujuh perusahaan yang belum melaksanakan kewajiban membayar THR itu merupakan perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dan berada di Kota Surakarta serta Semarang.

Tiga perusahaan besar yang tidak disebutkan namanya itu, kata dia, hanya memberi THR kepada karyawan tetap saja.

Sedangkan karyawan yang memiliki masa kerja belum genap satu tahun, tidak mendapat THR.

Padahal sesuai aturan, seluruh karyawan, baik tetap atau kontrak, berhak mendapatkan THR.

"Untuk masa kerja di bawah satu tahun, bisa dihitung secara proporsional misalnya yang baru bekerja tiga bulan, maka hitungannya 12 bulan dibagi tiga dikali gaji satu bulan," ujarnya.

Wika menegaskan, Disnakertrans Jateng akan terus memantau pemberian THR dari ketujuh perusahaan yang terlambat melaksanakan kewajibannya itu.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved