Kabar Kalimantan

Beredar Foto Jembatan Mahakam Kota II Retak, Ini Penjelasan Dinas PU Kaltim

Masyarakat dihebohkan oleh beredarnya foto jembatan tersebut yang terlihat retak. Foto-foto itu beredar pertama kali pada Sabtu (1/7/2017)

Beredar Foto Jembatan Mahakam Kota II Retak, Ini Penjelasan Dinas PU Kaltim
TRIBUN KALTIM/RAFAN A DWINANTO
Satu per satu dump truck dikerahkan menaiki Jembatan Mahkota II saat dilakukan uji beban, Kamis (12/1/2017). Kini beredar foto di media sosial yang memerlihatkan konstruksi jembatan itu retak. 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMARINDA - Jembatan Mahakam Kota II atau lazim disingkat Mahkota II Samarinda kembali menjadi bahan gunjingan warganet.

Masyarakat dihebohkan oleh beredarnya foto jembatan tersebut yang terlihat retak. Foto-foto itu beredar pertama kali pada Sabtu (1/7/2017) di media sosial facebook, termasuk di grup-grup whatsapp.

Akibatnya, banyak yang menyampaikan kekhawatirannya kalau jembatan yang baru dibuka secara terbatas -- setelah sempat beberapa bulan ditutup menunggu perbaikan pasca-uji beban oleh Kementrian PU & Kimpraswil -- pada jelang lebaran Idul Fitri 2017 itu bakal roboh.

x
Foto ini yang beredar di media sosial. Terlihat retak di dekat angkur jembatan yang diyakini sebagai konstruksi jembatan Mahkota II Samarinda. (Facebook)
c

retak+mahkota2 ()

Mereka mendesak walikota maupun pejabat tekis terkait segera menfecek kebenaran informasi itu. Namun hingga Minggu (2/7/2017 pagi ini belum ada pernyataan resmi apa pun dari Walikota Samarinda Syaharie Jaang.

Jaang diketahui menjadi anggota grup whatssapp GRKB (Gerakan Rakyat Kaltim Bersatu) yang para anggotanya hingga tadi malam masih ramai membahas kebenaran informasi tersebut, tidak berkomentar sepatah pun kata dalam grup tersebut.

Klarifikasi pertama justru muncul dari Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Timur, Joko Setiono.  Kepada anggota grup whatssapp, Joko mengatakan bahwa jembatan Mahkota II sudah ditutup setelah muncul foto tersebut. 

"Siap. Info dari Kadis PU Kota Smd. Jbt Mahkota SUDAH DITUTUP sd jam 06.00 pagi besok," tulis Joko tadi malam. Penutupan ini dilakukan sambil menunggu kepastian hasil pengecekan berita dan gambar yag beredar.

Sebagian orang meragukan jembatan yang retak itu adalah Mahkota II.  Mereka menyandingkan dua foto angkur jembatan yang disebutnya berbeda antara angkur di lapangan dengan angkur yang beredar di media sosial.

x
mahkota2+angkur ()

Dinas Kominfo Samarinda menyebut foto jembatan retak yang beredar di media sosial dan di lapangan berbeda. Dalam rilisnya, Dinas Kominfo mengatakan, begitu foto jembatan retak itu beredar, instansi teknis dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pemukimn (PUPR) Samarinda langsung menurunkan tim ke lapangan. Pengecekan dilakukan malam tadi. 

"Bedasarkan laporan dari Plt Kabid Bina Marga, itu beda. Namanya itu angkur. Jadi foto angkur yang di medsos dengan angkur yang ada di lapangan itu (jembatan mahkota 2, red) berbeda," ucap kepala Dinas PUPR Samarinda Hero Mardanus Satyawan tadi malam.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved