Ekonomi dan Bisnis

Himbara Pasok Uang Tunai di ATM Jadi Rp 105,5 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran

Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) memasok dana di anjungan tunai mandiri (ATM) senilai Rp 105,5 triliun untuk memenuhi kebutuhan lebaran.

Himbara Pasok Uang Tunai di ATM Jadi Rp 105,5 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran
TRIBUNNEWS/SENO
Konferensi pers Himbara tentang kesiapan jaringan ATM menjelang Lebaran, Selasa (20/6/2017). 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - ‎Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) memasok dana di anjungan tunai mandiri (ATM) senilai Rp 105,5 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai saat Lebaran.

Ketua Himbara Maryono mengatakan, ‎angka tersebut lebih kecil jika dibandingkan dengan jumlah uang yang dipasok tahun sebelumnya, guna mendukung langkah Bank Indonesia dalam menjalankan program cash less society melalui penggunaan uang elektronik seperti misalnya transaksi pembayaran tol, bus dan toko retail.

Maryono menjelaskan, total ATM Himbara saat ini sebanyak 61.210 unit, termasuk ATM Link dan juga 776 outlet yang tetap beroperasi secara terbatas selama libur Idul Fitri.

ATM Link merupakan sinergi Himbara yang sudah dimulai pada Desember 2015 dan per Juni 2017 jumlah ATM Link sudah mencapai sekitar 15.000 unit ATM. Hingga akhir 2017, HIMBARA menargetkan jumlah ATM Link mencapai 30.000 unit.

"Dengan bersinergi, HIMBARA bisa memberikan pelayanan yang lebih bagi masyarakat, lebih mudah, lebih murah dan lebih luas sehingga lebih menjangkau masyarakat Indonesia," ujar Maryono, Jakarta, Selasa (20/6/2017).

Maryono menjelaskan, ‎kehadiran ATM Link juga memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi perbankan karena dapat menghemat biaya transaksi, dimana biaya transfer antar bank BUMN lebih rendah dibandingkan biaya transfer antar bank pada umumnya yang sebesar Rp 6.500.

"Transfer antar bank BUMN di ATM Link dikenakan biaya sebesar Rp 4.000." (*)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved