Breaking News:

Tertangkap! Peretas Situs Dewan Pers dan Kejaksaan Agung Itu Ternyata Lulusan SMP

Himawan menerangkan, dari pemeriksaan, pelaku telah melakukan peretasan terhadap 100-an situs atau website dalam dan luar negeri sejak 2013.

Tribunnews.com/ Abdul Qodir
Peretas situs Dewan Pers, Kejaksaan Agung RI dan ratusan situs lainnya, Adi Syafitrah alias AS (28) di kantor Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Tanahabang, Jakarta Pusat, Jumat (9/6/2017). 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Masih ingat dengan Haikal M Aziansyah alias SH, remaja 19 tahun lulusan SMP yang berhasil membobol 4.600 situs, termasuk akun situs tiket.com bernilai Rp 4,1 miliar?

Lebih kurang sama seperti Haikal, pelaku peretas situs Dewan Pers, Kejaksaan Agung RI dan ratusan situs pemerintah, Adi Syafitrah (28) merupakan seorang pegawai laundry atau binatu di hotel.

Ia pun lulusan SMP.

"Pendidikan terakhir AS adalah SMP. Pekerjaannya, wiraswasta sebagai tukang laundry di hotel," ujar Himawan.

Demikian disampaikan Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri, dalam jumpa pers pengungkapan kasus peretasan situs Dewan Pers, di kantornya, Tanahabang, Jakarta Pusat, Jumat (9/6/2017).

Himawan menerangkan, dari pemeriksaan, pelaku telah melakukan peretasan terhadap 100-an situs atau website dalam dan luar negeri sejak 2013.

Baca: Pelaku Mengaku Retas Situs Dewan Pers dan Kejaksaan Agung Untuk Kepuasan Batin Setelah Bercerai

Keahlian itu didapatnya melalui proses otodidak saat bekerja sebagai karyawan warnet.

AS mengaku latar belakang atau motifnya melakukan pembobolan situs-situs karena untuk mencari kepuasan batin atau kegiatan "pelarian" pasca-rumah tangganya hancur atau cerai.

Selain itu, peretasan dilakukannya untuk mencari pengakuan atau eksistensi dari komunitas peretas alias unjuk gigi.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved