Kisah Korban Gempa Poso: "Saya Sudah Tidak Berharap Hidup Lagi"

Ketentraman warga Poso, Sulawesi Tengah pada Senin 29/5/2017) sekitar pukul 22.30 Wita terusik guncangan gempa bumi kerkekuatan 6,6 SR. Malam itu, kep

Kisah Korban Gempa Poso:
KOMPAS.com/Mansur
Ratusan pasien dan petugas kesehatan berhamburan keluar dari RSUD Poso saat gempa terjadi di wilayah tersebut, Senin (29/5/2017) malam. 

TRIBUNKALTENG.COM, POSO - Ketentraman warga Poso, Sulawesi Tengah pada Senin 29/5/2017) sekitar pukul 22.30 Wita terusik guncangan gempa bumi kerkekuatan 6,6 SR. Malam itu, kepanikan terlihat di RSUD Poso.

Tanpa aba-aba dari petugas, ratusan pasien RSUD Poso berteriak meminta tolong.

Dengan membawa infus di tangan, mereka pun berupaya berlari sekuat tenaga. Ada pula yang menggunakan kursi roda. Tak hanya pasien, petugas kesehatan pun berhamburan.

Rawasiah (40), warga Poso Pesisir mengatakan, gempa yang terjadi singkat namun menakutkan.

Kepada Kompas.com, penderita penyakit ginjal ini menceritakan pengalamannya yang penuh perjuangan keluar ke halaman RSUD Poso.

Saat terjadi gempa, ia bersama keluarganya yang tengah membesuk sedang beristirahat.

Tiba-tiba terdengar suara gemuruh seng atap gedung dilanjutkan dengan guncangan hebat.

"Demi tuhan, saya sudah tidak berharap masih hidup lagi. Semua barang seperti tabung oksigen, tiang infus terbalik semua, saya pun berlari hanya mengikuti suara kaki karena gelap dan padat oleh ratusan orang yang ikut berlarian," ungkapnya.

Pasien lainnya, Nurholid (30), warga Kelurahan Lawanga mengaku trauma dan tidak mau masuk ruangan untuk istirahat pascaterjadinya gempa.

Nurholid yang mengaku sudah tiga hari dirawat karena demam ini keluar dari ruangan dengan menggunakan kursi roda dibantu keluarga pasien lain.

"Saya baru sadar setelah berada di halaman RSUD Poso. Saya sendiri tidak tau siapa yang membantu melarikan saya. Semoga ini adalah pengalaman yang terakhir buat saya. Kalau perlu, hari ini juga saya sudah mau keluar dari RSUD," tutupnya. (*)

Editor: Ernawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved