Pelaku UMKM Perhatikan Hal-Hal Ini

Bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), agar produknya bisa menembus pasar ritel modern ada beberapa syarat yang sebelmumnya harus

banjarmasinpost.co.id/acm
PT Matahari Putra Prima yang membawahi bisnis ritel Hypermart sebenarnya memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM untuk masuk dan dijual di Hypermart asalkan produk sudah sesuai standar ritel modern. 

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN - Bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), agar produknya bisa menembus pasar ritel modern ada beberapa syarat yang sebelmumnya harus dipenuhi.

Menurut Dairy & Frozen Vice President PT Matahari Putra Prima Zulkarnain, persyaratan utama yaitu produk itu sendiri sudah harus sesuai standar ritel modern. Diantaranya produk tersebut harus memiliki kualitas baik, harus sudah memiliki izin P-IRT dari Dinas Kesehatan, kemasan yang baik dan sesuai dengan produk serta tanggal kedaluwarsa dan yang lainnya.

PT Matahari Putra Prima yang membawahi bisnis ritel Hypermart sebenarnya memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM untuk masuk dan dijual di Hypermart asalkan produk sudah sesuai standar ritel modern.

Beberapa diantaranya yaitu kemudahan persyaratan. Dengan menggunakan KTP dan NPWP dari pemilik UMKM sudah bisa mendaftarkan produknya untuk dijual di Hypermart. Selain itu ada juga fleksibilitas term of payments (TOP) yang jauh lebih singkat dibanding pemasok besar.

Ada juga bantuan jaminan pembelian sebelum dan setelah panen khusus bagi produk pertanian. Kemudahan perjanjian dagang, yaitu biaya masuk barang yang bisa dinegosiasikan, hingga training pengemasan dan pemasaran.

"Di Hypermart kita juga sudah punya pojok UKM sendiri dan diletakkan di depan, bahkan sudah sejak sekitar 5 tahun yang lalu," kata Zulkarnain.

Ia berharap kedepannya pelaku UMKM lokal Kalimantan Selatan bisa meningkatkan kualitas produk serta pengemasan sehingga meningkatkan daya saing produk-produk lokal. (Achmad Maudhody)

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved