Tips

Noda Bekas Cat atau Lumpur Mengotori Pakaian? Begini Cara Membersihkannya

Sedang mengecat tiba-tiba pakaian terkena cat, atau membantu anak yang terluka lantas pakaian terkena noda darah.

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi - Mencuci pakaian 

TRIBUNKALTENG.COM - Sedang mengecat tiba-tiba pakaian terkena cat, atau membantu anak yang terluka lantas pakaian terkena noda darah.

Menjengkelkan, bukan? Bagaimana menyiasatinya?

Tenang bunda, ini beberapa tips menghilangkan noda pada pakaian yang disarikan dari buku Merawat Rumah Membersihkan Perabotan.

Noda cat
Ambil spons bersih, celupkan ke terpentin. Lalu, gosokkan ke noda cat sambil dikucek-kucek. Terakhir, cuci seperti biasa.

Atau ambil sebutir telur, pecahkan. Oleskan putih telur ke noda cat. Gosok kain/pakaian yang bernoda berulang-ulang dan rendam semalaman. Bilas dan cuci seperti biasa.

Noda darah
Bersihkan noda darah dengan air garam. Setelah noda hilang, bilas kain/pakaian dengan air hangat. Terakhir cuci seperti biasa.

Bila kain/pakaian yang bernoda perlu di-dry clean, sebelum diserahkan ke laundry, olesi noda dengan sagu yang diberi sedikit air. Setelah kering, bersihkan dengan sikat lembut. Noda pun akan memudar. Segera setelah itu bawa tekstil itu ke laundry untuk di-dry clean.

Noda karat
Masak air dalam panci, lalu kain/pakaian yang terkena noda karat dijerang ke uap panas panci sambil diberi perasan air jeruk nipis/lemon.

Lalu, kucek beberapa saat. Setelah itu, cuci seperti biasa.

Atau tetesi bagian yang berkarat dengan cuka dan garam. Lalu, gosok sampai bersih. Setelah itu, cuci kain/pakaian dengan sabun. Ulangi cara ini sampai noda karatnya hilang.

Cara lain, teteskan air jeruk nipis/lemon pada bagian kain/pakaian yang bernoda karat.

Sementara, ambil kain bersih dan celupkan ke air. Lalu, taruh kain di atas noda. Setelah itu, setrika kain/pakaian yang ditutup kain bersih. Ulangi beberapa kali, maka noda karat pun hilang.

Noda lem
Kalau lemnya tembus pandang, olesi aseton pada noda. Tapi, kalau lemnya bergetah, noda lem dilap dulu dengan lap basah bersih, kalau sudah kering baru gunakan aseton.

Noda lilin
Bila terkena lelehan lilin, keroklah dengan benda tumpul. Setelah tinggal sisa-sisanya, ambil kertas yang menyerap minyak.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved