Breaking News:

Kalteng Kita

Belum Semua Kabupaten di Kalteng Fokus Kurangi Pengangguran

Padahal, ini mutlak dilakukan daerah sebagai bentuk komitmen menekan angka pengangguran.

Istimewa
Pembukaan program magang dalam negeri di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalteng, Kamis (4/5/2017). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Upaya mengurangi pengangguran dengan memberikan keterampilan kerja, sejauh ini belum banyak dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota di Kalteng.

Ini terlihat dari belum banyaknya daerah yang secara khusus mengalokasikan anggaran bagi program pemagangan. Padahal, ini mutlak dilakukan daerah sebagai bentuk komitmen menekan angka pengangguran.

"Kalau berbicara anggaran, banyak daerah yang belum menyediakan alokasi khusus untuk program magang bagi calon tenaga kerja," ujar Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertans Kalteng Pujo Haryanto, Kamis (4/5/2017).

Dia mengaku prihatin atas kondisi ini. Sementara untuk mengikuti pelatihan seperti kursus, seorang pencari kerja memerlukan biaya yang besar dan tak banyak bisa membayarnya.

"Kalau pemerintah daerah memang serius, sebenarnya bisa saja dialokasikan program pelatihan, kursus, atau sejenisnya bagi generasi pencari kerja. Namun ini diperlukan komitmen dari pemimpin daerahnya," kata Pujo.

Selama ini, sistem pemagangan dan pelatihan bagi pencari kerja dilakukan Disnakertrans Kalteng dengan alokasi dana APBN dan sharing APBD.

Meski jumlah yang mengikuti program terbatas, paling tidak diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran. (*)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved