Kabar Kalimantan

Dua Jemaah Umrah Asal Balikpapan Ditangkap Polisi Arab

Ia menjelaskan, pihak Kementerian Agama tidak bisa memberikan keputusan apakah pihak travel disalahkan diberi hukuman atau tidak.

Dua Jemaah Umrah Asal Balikpapan Ditangkap Polisi Arab
TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO
Kantor Iman Arafah Travel yang ada di Kompleks Balikpapan Baru Blok 01, masih beroperasi membuka pelayanan biro perjalanan pada Rabu (22/2/2017) pagi. 

TRIBUNKALTENG.COM, BALIKPAPAN - Kementerian Agama Republik Indonesia kantor perwakilan Kota Balikpapan mengungkapkan telah bertemu dengan pihak travel yang jemaah umrahnya, Sugiyono dan Eko, ditangkap polisi Arab Saudi.

Melalui Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama wilayah Balikpapan, Shaleh, menjelaskan, kabar dua jemaah umrah asal dari Balikpapan ditahan kepolisian Arab Saudi merupakan fakta yang benar.

"Tadi barusan pimpinan travel Iman Arafah telah bertemu saya. Cerita apa yang terjadi. Tapi saya bilang buat saja laporan tertulisnya,'' katanya kepada Tribunkaltim.co pada Rabu (22/2/2017

Sebab katanya, tidak mudah Kemenag langsung memberikan vonis hukuman kepada travel penyelenggara haji dan umrah.

"Kita belum lihat sampai di mana kejadian detailnya. Kami masih tunggu laporan tertulisnya seperti apa," ujar Saleh, yang saat itu mengenakan kemeja lengan panjang putih.

Menurutnya, berdasarkan informasi awal yang diperolehnya, kejadian dua jemaah umrah ini ditangkap disebabkan kesalahpahaman saja. Tidak ada ditemukannya pelanggaran hukum.

"Awalnya dituduh jadi calo. Kemudian diperiksa ternyata tidak terbukti. Polisi di sana menyangka visanya saja yang bermasalah. Aneh berubah-ubah," ungkap Saleh.

Pastinya, Kemenag masih menunggu lagi laporan tertulis dari pihak travel yang memberangkatkan dua warga Balikpapan tersebut.

"Saya tidak mau bicara banyak dahulu. Soalnya belum tahu seperti apa sebenarnya. Masih tunggu laporan tertulis dari travel," tegasnya.

Terpisah, sekitar pukul 11.30 Wita, Tribunkaltim sempat sambangi kantor Iman Arafah yang berada di Komplek Balikpapan Baru, Blok 01, Jalan MT Haryono Kota Balikpapan Kalimantan Timur.

Halaman
123
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved