Bisnis dan Ekonomi

Belum Kunjung Bisa Kumpulkan Uang Muka Beli Rumah? Simak Dulu Tips Jitunya

Rumah tapak yang memiliki luas 22 m2 hingga 70 m2, konsumen hanya perlu membayar DP 15 persen untuk rumah kedua serta 20 persen untuk rumah yang ketig

Belum Kunjung Bisa Kumpulkan Uang Muka Beli Rumah? Simak Dulu Tips Jitunya
KOMPAS IMAGES
Ilustrasi 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Memiliki rumah sekarang sepertinya sudah menjadi keharusan. Daripada menunda dan menunggu harga properti semakin naik, lebih baik mulai membeli dari sekarang entah bagaimana pun caranya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membeli rumah ialah pembelian dengan menggunakan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Apalagi saat ini uang muka down payment (DP) rumah hanya 15% saja untuk rumah pertama dan 20% untuk rumah kedua. Sedangkan 25% untuk rumah ketiga, dengan luas melebihi 70 meter persegi (m2).

Rumah tapak yang memiliki luas 22 m2 hingga 70 m2, konsumen hanya perlu membayar DP 15 persen untuk rumah kedua serta 20 persen untuk rumah yang ketiga.

Uang muka adalah pembayaran pertama yang Anda lakukan ke pihak pengembang. Sebetulnya, sesudah pembayaran uang muka ini, Anda bisa memiliki pilihan rumah tersebut, Anda hanya perlu melunasi cicilan kredit KPR.

Inti dari mengumpulkan uang DP ialah menyisihkan sebagian penghasilan. Untuk masalah alat, bisa dilakukan dengan berbagai macam cara.

Bila target rumah yang ingin Anda beli seharga 500 juta, berarti Anda harus mempersiapkan DP sebesar Rp 75 jutaan.  Lantas, bagaimana caranya agar DP tersebut lekas terkumpul?

Gunakan reksadana

Reksadana mempunya biaya yang lebih rendah, sehingga ia disebut sebagai instrumen investasi yang menarik untuk mempersiapkan DP.

Pilihan investasi ini juga cocok untuk Anda yang memiliki dana dengan modal yang minim.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved