Kabar Jakarta

Kali Sunter Meluap, 138 Warga Cipinang Melayu Mengungsi ke Kelurahan

Sebanyak 138 orang mengungsi ke kantor Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur, setelah Kali Sunter meluap, Minggu (19/2/2017).

Kali Sunter Meluap, 138 Warga Cipinang Melayu Mengungsi ke Kelurahan
Kompas.com/Robertus Belarminus
Permukaan air di Kali Sunter di Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, meluap, Minggu (19/2/2017). Banjir pun menggenangi sejumlah pemukiman warga yang dekat dengan Kali Sunter, paling dalam 1,5 meter. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Sebanyak 138 orang mengungsi ke kantor Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur, setelah Kali Sunter meluap, Minggu (19/2/2017).

Pada sekitar pukul 14.00 WIB, warga yang berasal dari RT 07 RW 04 Cipinang Melayu tampak berjalan di tengah banjir untuk mengungsi di kantor kelurahan. Warga membawa barang seadanya seperti tas berisi kain atau pakaian.

Kartika, warga RT 07 RW 04, mengatakan, di dalam rumahnya banjir sekitar 70 sentimeter. Di jalan di luar rumahnya banjir mencapai satu meter lebih.

"Saya mau mengungsi ke kelurahan, habis banjir sudah tinggi," kata Kartika pada Minggu sore.

Sejumlah warga tampak berjalan dari dalam permukiman menuju tempat pengungsi di kantor kelurahan.

Di kantor Kelurahan Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, para pengungsi yang sebagian besar terdiri dari lansia, ibu dan anak, itu sudah menempati ruangan aula di belakang kantor kelurahan.

Petugas Kampung Siaga Bencana (KSB) Cipinang Melayu, Rifai, mengatakan, sudah 138 orang yang mengungsi di aula kelurahan. "Kemungkinan terus bertambah," kata Rifai.

Menurut dia, dengan kondisi banjir seperti ini, kemungkinan warga akan menginap. Di aula kelurahan telah disediakan ruangan dengan alas tikar untuk warga mengungsi sementara waktu.

Pihak kelurahan juga sudah menyiapkan dapur umum."Disiapin dapur umum, ada mie, nasi, dan menu dadakan. Yang jelas sudah difasilitasi dapur umum," kata Rifai.

Pengecekan kesehatan dan pengobatan gratis juga disediakan bagi warga. Sejauh ini belum ada warga yang mengeluh sakit karena banjir. (KOMPAS.com)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved