Kalteng Kita

RUD Kapuas Terpaksa Minta Bantuan Darah ke PMI Banjarmasin

Sudah 4 bulan ini, UTD RSUD Kapuas memiliki lemari baru tempat penyimpan darah atau blood bank yang mampu menyimpan 150 kantong darah. Sebelumnya mema

RUD Kapuas Terpaksa Minta Bantuan Darah ke PMI Banjarmasin
tribunkalteng.com/jumadi
UTD RSUD Kapuas sempat kekurangan stok darah. 

TIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Sempat sebulan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD dr H Soemarno Kualakapuas Kalteng kehabisan persediaan darah, sehingga persediaan darah kurang.

Oleh karena itu pihak UTD meminta bantuan darah ke PMI di Banjarmasin (Kalsel).

Apabila ada keluarga pasien yang menyumbangkan darahnya, maka kekurangan itu bisa diatasi.

Bagian Administrasi UTD RSUD Kapuas Rahmawati yang ditemui, Selasa (24/1/2017) mengatakan dalam seminggu pihaknya mendapatkan 7 sampai 10 kantong darah dengan ukuran setiap kantong darah 350 cc.

Tetapi apabila ada kegiatan seperti hari TNI, maka pihaknya bisa menyediakan persediaan darah antara 30 sampai 40 kantong yang mana datang dari anggota TNI yang mendonorkan darahnya maupun dari sekelompok BUMN yang berulang tahun.

Sudah 4 bulan ini, UTD RSUD Kapuas memiliki lemari baru tempat penyimpan darah atau blood bank yang mampu menyimpan 150 kantong darah. Sebelumnya memang sudah ada, tetapi rusak.

"Permintaan darah ini tidak hanya untuk pasien yang habis operasi di rumah sakit kami, tetapi juga adanya permintaan dari RSUD Pulangpisau," katanya. (*)

Penulis: Jumadi
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved