Kalteng Kita

Warga Jalan Ramin 2 Aspal Sendiri Jalan Secara Swadaya

alan rusak lalu ditanami pohon di tengahnya sebagai bentuk protes? Mungkin ini banyak kita dengar terjadi di daerah lain.

Warga Jalan Ramin 2 Aspal Sendiri Jalan Secara Swadaya
Istimewa
Beberapa pekerja menguruk jalan dengan batu di Jalan Ramin 2 sebelum diaspal. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Jalan rusak lalu ditanami pohon di tengahnya sebagai bentuk protes? Mungkin ini banyak kita dengar terjadi di daerah lain.

Meski cara seperti itu  biasanya cepat menggugah pemerintah untuk bertindak, namun tentu bukan sebuah solusi. Apalagi dana pemerintah juga terbatas sehingga tidak serta merta bisa turun tangan.

Namun bagi warga RT 03 RW VI Jalan Ramin 2 Kelurahan Panarung, Kota Palangkaraya, punya pemikiran lain dalam bertindak.

Beberapa kali menyampaikan usulan perbaikan jalan yang rusak belum juga direalisasi, warga setempat melakukan pengaspalan jalan secara swadaya.

"Ada sekitar 100 meter jalan yang rusak sehingga perlu dilakukan perbaikan. Dari dana yang dhimpun secara swadaya, akhirnya hari ini kami bisa memulai perbaikan jalan," ujar Sekretaris RT 03 RW VI Kelurahan Panarung Anserullah, Jumat (16/12/2016).


Seorang pekerja melakukan penimbunan jalan yang berlobang sebelum dilakukan pengaspalan, Jumat (16/12/2016).

Untuk pengaspalan jalan tersebut, aparat RT setempat sengaja mendatangkan tukang yang memiliki spesialisasi pengaspalan jalan. Lobang-lobang jalan juga ditutup dan diratakan untuk kenyamanan pengguna saat melintasi.

Selain partisipasi beberapa warga yang secara khusus menyumbang aspal, pasir, dan batu, upah pengerjaan juga diambil dari dana kas RT.

"Yang jelas, kita ingin semua warga dan pengguna bisa menikmati jalan yang mulus. Apalagi di sekitar lokasi jalan yang rusak  terdapat masjid yang selama ini juga banyak santri penghafal Alquran," timpal Anaserullah. (*)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved