Breaking News:

Gunung Soputan Meletus, Bandara Samrat Ditutup Pukul 19.30 Wita Malam

Ini dilakukan demi keselamatan dan keamanan penerbangan. "Selanjutnya jika pada pukul 6.00 Wita kami akan memantau kondisi terakhir," katanya.

Letusan Gunung Soputan 

TRIBUNKALTENG.COM MANADO - PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado menutup bandara pada pukul 19.30 Wita sampai dengan pukul 6.00 Wita karena debu Soputan yang membahayakan penerbangan.

"Manajemen Bandara Samrat memandangan perlu untuk mengambil tindakan menutup bandara, karena debu Soputan membahayakan penerbangan," kata General Manager Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado Halendra Waworuntu.

Menurutnya hal ini karena abu penerbangan dari letusan Soputan telah memasuki area airways sehingga membahayakan penerbangan.

Ini dilakukan demi keselamatan dan keamanan penerbangan. "Selanjutnya jika pada pukul 6.00 Wita kami akan memantau kondisi terakhir," katanya.

Menurut dia akibat penutupan tersebut ada tujuh penerbangan yang ditunda penerbangan.

Antara lain Citilink IG 951 Manado-Jakarta penerbangan 19.15 Wita. Selain itu Lion Air JT 740 Makassar-Manado sampai di Manado 22.20 Wita.

JT 770 Jakarta-Manado 22.20 Wita, JT 730 Balikpapan-Manado 22.45 Wita, JT 926 Denpasar-Manado 23.35 Wita.

Selain itu, Garuda Indonesia -GA 606 Jakarta-Manado jadwalnya tiba di Manado 22.55 Wita, GA 470 Manado-Sorong-Jayapura jadwal berangkat 4.50 Wita.

Menurut dia dari citra satelit ASH.tam milik Australia bahwa ketinggian debu sudah 40.000 feet sehingga perlu diinformasikan kepada penerbangan lintas udara.

"Kami sudah laporkan ke Area Control Center (ACC) Makassar, karena pada ketinggian tersebut merupakan jalur favorit penerbangan dari Australia ke Asia dan dari Asia ke Australia," katanya. (erv)

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved