TIPS

Ini Cara Benar Membersihkan Telinga

Kotoran telinga yang berlebihan terkadang sulit dibersihkan. Tapi sebaiknya jangan memaksa mengeluarkannya jika telinga terasa sakiT

Ini Cara Benar Membersihkan Telinga
dokumen
Ilustrasi

TRIBUNKALTENG.COM - Sudahkah Anda membersihkan telinga? Organ yang satu ini kerap terlupakan untuk dibersihkan, sehingga kotoran menumpuk dalam lubang telinga.

Kotoran telinga yang berlebihan terkadang sulit dibersihkan. Tapi sebaiknya jangan memaksa mengeluarkannya jika telinga terasa sakit atau keluar cairan yang tampak berbeda dari kotoran telinga pada umumnya.

Dilansir dari Doktersehat.com, ada beberapa langkah praktis untuk membersihkan kotoran telinga yang bisa Anda coba:

1. Jangan gunakan ear candles.

Tak ada bukti yang jelas mengenai manfaat ear candle untuk membersihkan kotoran telinga. Ear candles malah berpotensi menyebabkan gangguan serius.

2. Jangan gunakan cotton buds, penjepit rambut, atau benda lainnya untuk membersihkan kotoran telinga.

3. Jika penggunaan minyak mineral hangat dan shower tidak berhasil, gunakan cairan wax softerner yang bisa Anda semprotkan dengan hati-hati menggunakan semacam pipet (ear syringe) setiap malam selama satu atau dua minggu. Pastikan cairan wax softener itu memiliki temperatur tubuh ketika disemprotkan ke dalam telinga. Cairan dingin atau panas yang dimasukkan ke telinga bisa menyebabkan pusing.

4. Jika kotoran telinga telah lunak, yang diperlukan hanyalah menyemprotnya dengan air hangat agar keluar dari liang telinga.

5. Arahkan air ke telinga, lalu miringkan kepala agar posisi telinga menghadap ke bawah sehingga kotoran telinga keluar. Keringkan telinga menggunakan hair dryer dengan hembusan ringan. Pegang hair dryer beberapa sentimeter menjauhi telinga.

6. Lunakkan kotoran telinga dengan minyak mineral hangat atau campuran hydrogen peroxide dengan air bersuhu ruang dalam takaran yang seimbang.

Masukkan 2 tetes cairan tersebut yang telah dihangatkan sesuai temperatur tubuh – ke dalam telinga dua kali sehari selama maksimal 5 hari.

Pastikan untuk menghangatkan cairan ini lebih dulu sebelum meneteskannya ke dalam telinga karena bisa menyebabkan nyeri dan pusing jika dalam kondisi dingin. (*)

Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved