Breaking News:

Jarak Pandang di Sungai Kahayan Makin Pendek

Lalulintas Jalur Sungai juga terganggu‎ akibat tebalnya kabut asap dan jarak pandang makin pendek.

Penulis: Fathurahman | Editor: Didik Trio
tribunkalteng.com/faturahman
Lalulintas Sungai Kahayan terganggu karena diselimuti asap tebal. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Kabut asap yang menyelimuti Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, dampak dari kebakaran hutan dan lahan di Bumi Tambun Bungai mengakibatkan Sungai Kahayan tertutup kabut asap.

Lalulintas Jalur Sungai juga terganggu‎ akibat tebalnya kabut asap dan jarak pandang makin pendek.

Akibatnya para pengguna jasa angkutan sungai selama kabut asap tebal, tidak bisa menggunakan jasa kelotok maupun kapal angkutan barang.

Pasalnya, ketika sungai kering dan berkabut asap tebal, motoris kelotok maupun nahkoda kapal enggan berlayar, mereka takut kapal kandas di tengah perjalanan maupun akibat kabut tebal, rawan kecelakaan.

"Ya memang banyak kapal angkutan barang dan kelotok yang bisa melayani penyeberangan memilih tidak operasional selama kabut asap tebal dan sungai mengering." kata Sugianoor, Anggota DPRD Palangkaraya yang tinggal di bantaran Sungai Kahayan, kawasan Flamboyan, Kamis (10/9/2015).

Dia mengatakan, sementara ini angkutan sungai masih terganggu, namun jika kondisi asap menipis, para nahkoda kapal maupun kelotok tetap menjalankan aktivitasnya. "Fluktuatif saja, jika berkabut mereka istirahat, jika asap tipis mereka tetap operasional." katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved