Breaking News:

Warga Balangan Diminta Pakai Masker

"Ini mau kami layangkan suratnya, intinya Dinkes melalui puskesmas dan rumah sakit mengantisipasi apakah ada warga yang terkena Infeksi

Penulis: Elhami | Editor: Didik Trio
tribunkalteng.com/ist
Jajaran Dinkes Balangan bagi-bagi stiker sewaktu peringatan hari AIDS sedunia. 

TRIBUNKALTENG.COM, PARINGIN - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Humam Arifin mengatakan Dinkes sudah melayangkan surat himbauan kepada masyarakat melalui semua puskesmas dan RSUD Balangan di Bumi Sanggam, terkait kabut asap yang melanda beberapa daerah di Balangan.

"Ini mau kami layangkan suratnya, intinya Dinkes melalui puskesmas dan rumah sakit mengantisipasi apakah ada warga yang terkena Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), kemudian mengimbau warga untuk memakkai masker keluar rumah," ujarnya.

Saat ini satu puskesmas sudah dibagikan sekitar 2.000 masker, sementara itu jumlah puskesmas yang ada di balangan ada 12 sehingga ada 24.000 masker, belum lagi bantuan dari provinsi.

"Masing-masing puskesmas didaerahnya akan membagi masker kepada masyarakat secara gratis," katanya.

Sementara itu untuk Kota Paringin dan sekitarnya, pembagian masker masih belum dilakukan, karena pihak Dinkes masih melihat situasi kabut asap yang terjadi.

"Yang jelas antisipasi sudah kami lakukan, dalam waktu dekat akan kami bagikan, sementara masih belum begitu pekat, cuman diderah tertentu saja seperti pegunungan," pungkasnya.

Sementara itu untuk bulan juni 2015 sudah terjadi 153 kasus yang terkena Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA).

"153 kasus ini menyebar di semua kecamatan, artinya rata-rata hampir semua kecamatan ada yang terkena," kata Humam.

Lebih lanjut dikatakannya, jika ada warga yang terkena ispa segera langsung dibawa kepuskesmas terdekat, agar tidak menjadi parah.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved