Rivaldo: Kualitas Sepak Bola Modern Menurun

Menurutnya, sepak bola era modern sangat berbeda dengan dulu lantaran terjadi penurunan kualitas level atas.

tribunkalteng.com/kompas.com
Striker Brasil, Ronaldo (tengah) dan Rivaldo (kiri) mencium trofi Piala Dunia yang mereka raih ketika menjadi juara Piala Dunia 2002 di Korsel-Jepang. Ini gelar kelima Brasil setelah menang 2-0 atas Jerman di partai final di Yokohama, Jepang. 

TRIBUNKALTENG.COM - Mantan bintang timnas Brasil Rivaldo mengklaim dirinya bisa memenangi penghargaan Ballon d'Or sebanyak tiga kali jika puncak penampilannya terjadi pada era sekarang.

Menurutnya, sepak bola era modern sangat berbeda dengan dulu lantaran terjadi penurunan kualitas level atas.

Rivaldo, yang ikut membawa Brasil menjadi runner-up Piala Dunia 1998 sebelum menjadi juara pada 2002, pernah meraih trofi pemain terbaik di dunia itu pada 1999.

Tetapi pada era sekarang, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mendominasi karena dalam tujuh tahun terakhir hanya mereka yang menjadi pemenang - Messi empat kali dan Ronaldo tiga kali.

Ini yang membuat Rivaldo tergelitik untuk memberikan komentar. Diakuinya, persaingan saat ini sangat sedikit dibandingkan pada tahun 1990-an.

"Sepak bola hari ini sangat berbeda dari sebelumnya," ujar mantan pemain Barcelona ini. "Jika waktuku hari ini, aku berani bertaruh dengan siapa pun bahwa aku mungkin menjadi pemain terbaik dunia sebanyak dua atau tiga kali. Aku yakin aku akan mencetak 50 gol per musim."

"Kualitas jauh lebih baik sebelumnya, di Brasil dan seluruh dunia, seperti di Spanyol dan Italia. Anda lihat bagaimana sepak bola tidak bagus ketika (Lionel) Messi dan Cristiano Ronaldo, pemain terbaik saat ini, mencetak 50 gol di kejuaraan."

"Ini memperlihatkan bahwa level sepak bola sekarang lebih rendah. Bahkan untuk yang terbaik di dunia, anda tak perlu mencetak 50 gol dalam 38 penampilan."

Rivaldo, yang kini berusia 43 tahun, kembali turun gunung setelah sempat gantung sepatu. Bulan lalu dia bermain untuk klub Brasil yang tampil di Divisi Dua, Mogi Mirim.

Sang striker, yang juga menjadi presiden klub tersebut, memperlihatkan penampilan yang impresif. Bersama putranya, Rivaldinho, mereka mencetak gol untuk mengantarkan Mogi Mirim menang 3-1 atas Macae.

Tags
Rivaldo
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved