Gawat! Merkuri Bakar Wajah Rahmatiah

Kulit wajah ibu tiga anak itu justru rusak akibat paket kosmetik pemutih dan penghilang jerawat seharga Rp 250 ribu

Gawat! Merkuri Bakar Wajah Rahmatiah
tribunkalteng.com/ist
Kosmetik berbahan bahaya dan ilegal lagi gencar diburu Dit Reskrimsus Polda Kalsel

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN - Dampak negatif kosmetik mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri dirasakan Rahmatiah (34), warga Kuin Utara Rp 13, Banjarmasin.

Kulit wajah ibu tiga anak itu justru rusak akibat paket kosmetik pemutih dan penghilang jerawat seharga Rp 250 ribu yang dibeli dari seorang pedagang di Pasar Kalindo, Belitung, beberapa waktu lalu. Dari hasil diagnosa, kosmetik itu mengandung merkuri.

Sebelum menggunakan paket kosmetik pemutih wajah itu, wajah Rahmatiah hitam manis dan bersih. Saat ingin kulit wajah lebih putih,  dia mendapat rekomendasi dari seorang teman agar memakai paket kosmetik pemutih wajah.

Akhinya dia mendapatkan paket kosmetik yang direkomendasikan temannya dari salah satu pedagang. Dalam satu paket kosmetik lengkap itu terdapat sabun muka berwarna hijau, toner cair berwarna kuning. Ada krim berwarna kuning untuk digunakan pagi  dan krim berwarna putih untuk malam. Semua jadi satu paket seharga Rp 250 ribu.

Tanpa menyadari bahayanya, dia itu langsung menggunakan paket kosmetik pemutih wajah itu sesuai petunjuk penggunaannya. Namun, baru memakai sehari, efek menyakitkan langsung dirasakan Rahmatiah.

“Baru pakai sehari, muka langsung panas, merah. Rasanya seperti terbakar. Kosmetiknya berbau,” katanya.

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved