Sukses Eleminasi Malaria, Nadalsyah-Ampera Dapat Penghargaan

Sukses Kabupaten Barito Utara dan Barito Timur dalam menekan jumlah kasus malaria di daerahnya,

Sukses Eleminasi Malaria, Nadalsyah-Ampera Dapat Penghargaan
net

TRIBUNKALTENG.CO.ID, PALANGKARAYA - Sukses Kabupaten Barito Utara dan Barito Timur dalam menekan jumlah kasus malaria di daerahnya, mendapat apresiasi Pemprov Kalteng. Pada peringatan HUT ke-57, Jumat (23/5/2014), bupati kedua kabupaten bahkan mendapat penghargaan khusus.

Penghargaan langsung diberikan Gubernur Agustin Teras Narang. Mereka yang menerima adalah Bupati Barito Utara Nadalsyah dan Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas.

Selama 2013, baru ada tiga kabupaten di Kalteng yang dinilai sukses menekan jumlah penderita menjadi 1 per mil atau 1 orang per 1.000 penduduk. Ketiganya adalah Kotawaringin Barat, Barito Utara, dan Barito Timur.

Secara umum, daerah endemis malaria di Kalteng meliputi Lamandau, Palangkaraya, Gunugmas, Pulangpisau, Kapuas, Barito Selatan, dan Murungraya. Sepanjang 2013, di provinsi ini tercatat ada 32.476 kasus temuan penderita malaria dengan total penduduk berisiko 2.371.153 jiwa.

Untuk Kotawaringin Barat, penghargaan sebelumnya diberikan langsung dari Menkes Nafsiah Mboi kepada Ujang Iskandar pada Hari Malaria sedunia, 25 April 2014 di Jakarta.

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved