Breaking News:

Moto GP

Stoner Geser Lorenzo

Pebalap Repsol Honda, Casey Stoner akhirnya bisa memenuhi ambisinya memenangi balapan GP

Stoner Geser Lorenzo
asphaltandrubber.com
Casey Stoner

Stoner tampil dalam balapan selama 28 lap itu. Stoner yang start dari pole, tak terkejar oleh lawannya dan menjadi pemenang.

Hasil ini bukan cuma mengantarkannya merebut puncak klasemen sementara dari pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo, yang finis di posisi kedua. Tetapi, juara dunia 2007 dan 2011 ini back-to-back untuk menaklukkan sirkuit yang belum pernah dikalahkannya selama tampil di MotoGP.

Dengan demikian, hanya dalam dua pekan Stoner mewujudkan impiannya untuk mengakhiri paceklik kemenangan di sirkuit yang sebelumnya selalu gagal ditaklukkan. Pekan lalu, pebalap Australia ini pun mengalahkan Lorenzo dalam pertarungan ketat di Sirkuit Jerez, Portugal.

Donasi 25 poin di seri ketiga ini membuat Stoner berada di posisi teratas klasemen dengan mengumpulkan total 66 poin, unggul 1 angka atas Lorenzo. Sedangkan rekan setim Stoner, Dani Pedrosa, yang musim lalu menjadi pemenang di sini, harus puas finis di urutan ketiga dan mengumpulkan 52 poin.

Jalannya lomba

Ketika lampu merah padam tanda balapan dimulai, Stoner langsung melejit di depan. Lorenzo pun menyodok dari posisi start keempat untuk naik ke urutan kedua, menggeser Pedrosa, yang sempat kehilangan keseimbangan dan nyaris jatuh. Pebalap Yamaha, Ben Spies, serta Crutchlow (Yamaha Tech 3), berturut-turut ada di belakang.

Stoner tak perlu menunggu waktu yang lama untuk menjauh dari kejaran para rivalnya. Pebalap Australia, yang sedang mengincar kemenangan pertama di Estoril dalam kariernya di MotoGP, sudah unggul 1,0687 detik saat memasuki lap kedua. Mantan pebalap Ducati ini berada sendiri di depan, sedangkan Lorenzo dan Pedrosa bertarung memperebutkan posisi kedua.

Di barisan tengah, Valentino Rossi, yang start dari urutan kesembilan, berusaha mendekat Spies, Alvaro Bautista (Gresini Honda). "The Doctor" terus menjaga jarak dengan dua pebalap tersebut, yang berada di urutan 6-7. Sedangkan rekan setimnya, Nicky Hayden, terpuruk ke urutan ke-11 (start dari posisi ke-10).

Memaski lap keempat, Stoner semakin jauh di depan dengan keunggulan 1,255 detik. Rupanya, tekad untuk mengakhiri paceklik kemenangan di Sirkuit Estoril - seperti halnya ketika meraih kemenangan perdana di Jerez pekan lalu - membuat juara dunia 2007 dan 2011 tersebut tak mau kehilangan momentum. Sementara itu Crutchlow turun ke urutan kelima, di belakang rekan setimnya, Andrea Dovizioso.

Lap keenam, Spies, yang sempat menjadi tercepat pada latihan bebas pertama (Jumat, 4/5/12), melorot setelah disalip Bautista. Tak lama berselang, Rossi melewatinya, sehingga dia turun ke urutan kesembilan, sedangkan Rossi naik ke posisi ketujuh, di belakang Bautista.

Halaman
12
Editor: Syamsudin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved