Pencok H Idah, Disukai Perempuan Ngidam

Jika mengunjungi Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, jangan lupa mampir ke warung pencok (rujak) Hj Idah.

Pencok H Idah, Disukai Perempuan Ngidam
hanani
Pencok H Idah, Disukai Perempuan Ngidam
TRIBUNKALTENG.COM,  AMUNTAI - Jika mengunjungi Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, jangan lupa mampir ke warung pencok (rujak) Hj Idah. Sebuah warung sederhana di lantai II pasar Amuntai itu menyajikan rujak yang berbeda dengan daerah lain. Selain buah-buahannya  segar dan pilihan, bumbu rujaknya menggunakan gula merah murni.
            
Harganya pun, cukup terjangkau, Rp 7.000 per porsi.“Bagi yang suka bumbu manis, kami tak mencampurnya dengan cabe rawit. Tapi jika suka pedas, kami sediakan bumbu manis pedas. Kebanyakan pengunjung suka bumbu manis pedas, dengan dicampur sedikit garam,” kata Hj Idah kepada BPost Online.
            
Tak sulit mencari warung pencok tersebut. Setelah naik lantai II, tinggal berbelok ke arah kanan, sekitar 10 meter dari tangga. Atau kalau kesulitan, tanya saja pedagang di sana. “Sejak mengidam, saya hampir setiap hari makan rujak pedas di sini,” tutur Mimi,  pengunjung yang sedang hamil muda dari Balangan.
            
Helda, pengunjung lainnya dari Barabai mengaku sering makan pencok di sana, karena buahnya beragam serta kualitas buah yang selalu segar.

H Idah, warga asli Amuntai menambahkan, warung pencoknya memang disukai para ibu hamil, karena buah yang biasanya tidak musim lagi dan sulit didapat tersedia di warungnya. “Seperti buah mangga dan ramania yang sekarang musim buahnya sudah berakhir, kami bisa menyediakannya,”sambung putera Hj Idah, yang membantunya berjualan tiap hari.
            
Hj Idah mengaku berjualan pencok sejak tahun 1968. Sampai sekarang perempuan yang selalu ramah melayani pembeli itu tetap bergelut dengan usaha kecil yang telah mengantarkan keluarganya bisa berhaji tersebut. “Untuk pasokan buahnya, termasuk buah yang langka kami sudah punya langganan khusus. Kami juga selalu menjaga kualitas, dengan menyajikan buah yang masih segar,”katanya.
                 

Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved