Meledak di Mulut

Sepasang suami istri menghampiri penjual kelepon di salah satu lapak di Pasar Ahad Kertak Hanyar,

Meledak di Mulut
web
klepon-buntut
TRIBUNKALTENG.COM - Sepasang suami istri menghampiri penjual kelepon di salah satu lapak di Pasar Ahad Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar. Setelah memperhatikan kue yang dijual, keduanya minta izin kepada penjual untuk mencicipi terlebih dahulu.

“Hmm, enak sekali. Oke, saya ambil dua kotak. Tolong dibungkus  ya,” ujar sang suami, sembari menyerahkan dua lembar lima ribuan kepada lelaki penjual klepon tadi.

Pemandangan itu terlihat akhir pekan lalu. Tampaknya, pasangan suami istri itu warga pendatang, karena logat dan bahasanya bukan bahasa Banjar. Selain itu sepertinya mereka belum familiar dengan kelepon khas Banjar.

Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Kelepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga kelepon nampak berbalur parutan kelapa. Biasanya kelepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

Di Kalsel, banyak yang menjualnya, selain di Pasar Ahad, di Martapura, Banjar, penjual klepon mudah ditemukan, bahkan dijajakan di tepi jalan raya. Sementara di Pasar Batuah dan Pertokoan Cahaya Bumi Selamat, penjual klepon ada yang berjualan di petak pedagang kue dan adapula yang dijajakan keliling pasar.

Menurut Ramlah, penjual klepon di kawasan Pasar Batuah, kue ini menjadi salah satu kegemaran masyarakat. Tidak hanya warga asli Banjar tapi juga warga luar Banjar, bahkan wisatawan asing yang berkunjung ke CBS.

“Nikmatnya menyantap kelepon adalah campuran parutan kelapa yang membaluri bagian luar dan air gula di dalamnya. Paling enak, ketika memasukkan klepon ke mulut dan sekali gigitan membuat kue itu ‘meledak’ di mulut,” seloroh Ramlah.

Ramlah, mengatakan, ada dua jenis klepon yang kami jual, klepon buntut dan klepon bulat. Bedanya hanya soal ukuran. Sekotak klepon buntut isi 25 biji harganya Rp 5000, sedangkan klepon bulat sekotak isi 10 biji seharga Rp6000. 
 

Penulis: Salmah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved