Breaking News:

Sekali Gigit, Hancur Di Lidah

Bingka, kue khas Kalsel yang terdiri beberapa jenis ini

Penulis: Salmah | Editor: Edinayanti
Sekali Gigit, Hancur Di Lidah
salmah
bingka
TRIBUNKALTENG.COM -  Bingka, kue khas Kalsel yang terdiri beberapa jenis ini (kentang, tape, barandam, waluh,telur) rasanya lembut, manis dan legit. Sekali gigit, hancur di lidah. Hmmm, begitu lezat.

                
Bentuknya seperti bunga, mengikuti cetakan yang memang bentuknya seperti itu. Kue ini ciri khasnya berminyak, di bagian bawah dan keliling tepi kecoklatan karena proses pemasakan.

Menurut pedagang bingka di Jalan A Yani Km2, Banjarmasin, Bibi Umi, bingka kentang buatannya dijual seharga Rp6000. Harga ini lebih murah dibandingkan setiap Ramadhan yang mencapai Rp15 ribu hingga Rp35 ribu.

Membuat bingka kentang tidaklah sulit, namun diperlukan kesabaran. Membuat kue bingka kentang diperlukan tiga biji telur bebek yang dicampur gula dan dikocok. Kemudian dicampur dengan kentang rebus dan dihaluskan. Selanjutnya dicampur dengan mentega secukupnya.

Adonan di atas, ditambahkan tepung sekitar dua sendok dan santan yang sudah hingga kental. Bahan yang sudah diaduk sampai rata dimasukkan ke loyang khusus terbuat dari besi kuningan yang telah dipanaskan.

Minyak atau mentega dioleskan di loyang agar kue yang matang tidak lengket. Selanjutnya, loyang ditutup dan dibakar di atas panas api arang atau api kompor. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved