Breaking News:

Bisnis Cuci Motor, Jeli Melihat Peluang

Semakin banyaknya sepeda motor yang berkeliaran di jalan tentunya membuka peluang usaha bagi yang jeli

Penulis: Salmah | Editor: Edinayanti
Bisnis Cuci Motor, Jeli Melihat Peluang
web
ilustrasi
TRIBUNKALTENG.COM - Semakin banyaknya sepeda motor yang ‘berkeliaran’ di jalan tentunya membuka peluang usaha bagi yang jeli melihatnya, di antaranya usaha cuci motor. Usaha ini membutuhkan modal sedikit dan pengelolaan yang tidak rumit.

Ismail, pemilik jasa cuci sepeda motor Fikri di Banjarbaru, menjabarkan, untuk usaha cuci sepeda motor skala kecil memerlukan dana sekitar Rp3-5 juta. Modal diperlukan untuk membeli pompa air, kompresor dan peralatan cuci, seperti sabun, sampo motor, sikat, kain lap (kanebo), dan pengilap cat motor. Modal ini termasuk untuk perbaikan tempat sesuai dengan kebutuhan, seperti kran dan saluran air.

“Modal itu juga sebagai dana awal menggaji  tenaga kerja, dua atau tiga orang, untuk  mencuci sepeda motor, seorang di antaranya merangkap sebagai tenaga kerja administrasi. Jika makin banyak pengguna jasa yang datang, jumlah tenaga kerja bisa ditambah,” jelas Ismail yang usahanya sudah berjalan dua tahun.

Perlu diperhatikan pula dalam usaha ini adalah pengetahuan dan ketrampilan, yaitu standar kebersihan sepeda motor dan cara membersihkannya. Kemudian pengetahuan mesin kendaraan bermotor agar jangan sampai karena ketidaktahuan,mesin sepeda motor malah rusak karena terkena air.

“Penting pula, pembukuan sederhana, menyangkut pencatatan modal awal, operasional bulanan, dan pendapatan,” seloroh Ismail yang mengawali usaha ini berdua dengan temannya.
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved