Kajian Islam

Malam Nisfu Syaban Memiliki Nama-nama Lain, Ini Arti dan Penjelasannya

Bahkan Abu al-Khair al-Thalaqani menyebutkan nama-nama lain dari malam Nisfu Syaban ini mencapai 22 nama.

Malam Nisfu Syaban Memiliki Nama-nama Lain, Ini Arti dan Penjelasannya
Tribunkalteng.com
Ilustrasi 

TRIBUNKALTENG.COM – Pada Sabtu (20/4/2019), sebagian umat Islam akan merayakan malam Nisfu Syaban dan mengisinya dengan berbagai amaliah zikir, doa, atau lainnya.

Namun seperti dikutip Tribunkalteng.com dari BincangSyariah.Com, malam Nisfu Syaban ternyata memiliki sejumlah nama karena keistimewaannya.

Disebutkan, sebagian ulama menyebutkan beberapa nama lain dari malam Nisfu Sya’ban. Tentu nama-nama ini menunjukkan bahwa malam Nisfu Syaban kedudukannya sangat mulia.

Sayang Dilewatkan, Ini Arti Nisfu Syaban dan Amalan-amalannya

Monte Carlo Masters - Djokovic Gagal Lagi ke Semifinal, Rafael Nadal Lolos

Jokowi-Maruf Turun, Prabowo Bergerak Naik, Ini Suara Sementara Pilpres 2019 di pemilu2019.kpu.go.id

Seperti halnya Alquran, memiliki banyak nama yang menunjukkan kemuliaannya. Bahkan Abu al-Khair al-Thalaqani menyebutkan nama-nama lain dari malam Nisfu Sya’ban ini mencapai 22 nama.

Sebagaimana disebutkan Sayyid Muhammad bin Abbas al-Maliki dalam kitabnya Ma Dza fi Sya’ban, sebagian di antara nama-nama tersebut sebagai berikut;

Pertama, lailatul mubarakah. Arti dari nama ini sendiri adalah malam yang diberkahi. Disebut demikian karena malam Nisfu Syaban mengandung banyak keberkahan karena para malaikat pada malam tersebut mendekat pada manusia.

Kedua, lailatul qismah. Nisfu Syaban adalah malam ditentukannya takdir seluruh manusia, mulai dari rizki, kesehatan, kematian dan lain sebagianya. Lailatul al-qismah sendiri artinya malam pembagian, pembagian rizki dan pembagian takdir.

Ketiga, lailatut takfir atau malam penghapusan (dosa). Dinamakan demikian, sebagaimana disebutkan oleh al-Imam Taqiyud Din as-Subki, karena malam Nisfu Syaban menghapus dan menggugurkan dosa setahun. Sedangkan malam Jumat menghapus dosa seminggu dan malam lailatul qadar menghapus dosa seumur hidup.

Keempat, lailatul ijabah. Nama ini artinya malam dikabulkannya doa, karena malam Nisfu Syaban termasuk sebagian malam yang dijamin doa seseorang akan diijabah oleh Allah. Diriwayatkan dari Abdullah Ibn Umar Ibn al-Khattab, dia berkata;

خَمْسُ لَيَاٍل لَا يَرُدُّ فِيْهِنَّ الدُّعَاءُ: لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ ، وَأَوَلَ لَيْلَةٍ مَنْ رَجَبَ ، وَلَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ ، وَلَيْلَتَا الْعِيْدِ.

Artinya: “Ada lima malam di mana doa tidak akan ditolak, yaitu  malam jum’at, malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Syaban, dan dua malam hari raya (Idul fitri dan Idul adlha).
Kelima, lailatul hayah wa lailah ‘idil malaikah.

Kelima, Lailatul Idil Malaikah atau malam lebaran malaikat. Abu Abdillah Thahir bin Muhammad bin Ahmad al-Haddadi menjelaskan, manusia di bumi mempunyai dua hari lebaran, yaitu ‘Id al-Fitri dan ‘Id al-Adha. Sedangkan malaikat di langit mempunyai dua malam lebaran, yaitu malam Nisfu Syaban dan malam lailatul qadar.

Keenam, lailatus syafa’ah atau malam diturunkannya syafaat. Abu Mansur Muhammad bin Abdillah al-Hakim al-Naisaburi dan ulama’ lain menyebut malam Nisfu Syaban dengan lailatus syafa’ah, malam diturunkannya syafa’at.

Ketujuh, lailatul al-ghufran atau malam Pengampunan Dinamakan demikian karena pada malam Nisfu Syaban dosa-dosa seseorang yang bertaubat dijamin akan diampuni oleh Allah. Dan juga malam Nisfu Sya’ban adalah malam pembebasan dari api neraka.

Inilah sebagian nama-nama lain dari malam Nisfu Syaban. Dari nama-nama ini menunjukkan bahwa malam Nisfu Sya’ban memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan yang selayaknya diperhatikan oleh semua orang yang beriman kepada Allah. (Penulis: Moh Juriyanto)

Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved