Pilpres 2019

Survei CSIS : Prabowo-Sandiaga Lebih Disukai Pemilih di Perguruan Tinggi

Pasangan capres dan cawapres nomor urut pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Survei CSIS : Prabowo-Sandiaga Lebih Disukai Pemilih di Perguruan Tinggi
Warta Kota
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno ketika pencabutan nomor urut Capres dan Cawapres Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/9). Jokow-Ma'aruf Amin mendapat No 01, sementara Prabowo-Sandi No 02. 

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Unoternyata disukai kalangan pemilih di perguruan tinggi.

Hasil survei  Center for Strategic and International Studies (CSIS), Prabowo-Sandy menang di pemilih yang menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi.

Adapun rivalnya, 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin lebih unggul di pemilih berlatar pendidikan sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

Sebanyak 57,3 persen pemilih Jokowi-Ma'ruf berlatarbelakang SD hingga SMP, sementara pemilih Prabowo-Sandi di jenjang pendidikan itu hanya 28 persen. 

New Honda Vario 150 Tampil Dengan Sentuhan Premium, New Honda Vario 125 Berkelas dan Sporti

Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut Resmi Dioperasionalkan, Ini Penilaian Penumpang Garuda

Ancam Warga dengan Sajam di Kapuas Timur, Lelaki 37 Tahun Ini Diamankan Polisi

Di jenjang pendidikan SMA, pemilih Jokowi-Ma'ruf 45,8 persen, Prabowo-Sandi 39,9 persen.

Namun pada pemilih yang menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi, Prabowo-Sandi unggul dengan 42,5 persen. Sementara Jokowi-Ma'ruf 35,2 persen.

"Jadi tampak sekali pemilih Jokowi berasal dari pendidikan rendah dan menengah sementara Prabowo berlatarbelakang Diploma dan Universitas," kata peneliti CSIS Arya saat merilis hasil surveinya di Jakarta, Kamis (28/1/2019).

Dari segi pekerjaan atau profesi, Jokowi-Ma'ruf lebih banyak dipilih oleh petani dan nelayan sebesar 58,5 persen. Sementara petani dan nelayan yang mendukung Prabowo-Sandi hanya 27 persen.

Pemilih tertinggi dari Prabowo-Sandi sebanyak 48,2 persen berprofesi sebagai PNS dan guru. Pada pemilih kategori ini, Jokowi-Ma'ruf hanya dipilih 33,7 persen.

Namun secara keseluruhan pemilih, elektabilitas Joko Widodo-Ma'ruf Amin lebih dengan memperoleh angka 51,4 persen. Prabowo-Sandi hanya dipilih oleh 33,3 persen responden.

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 2000 responden yang tersebar di 34 provinsi. Survei menggunakan metode acak bertingkat dengan margin of error plus minus 2,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei CSIS: Jokowi Menang di Lulusan SD-SMP-SMA, Prabowo Perguruan Tinggi"
(Penulis : Ihsanuddin)

Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved