Pilpres 2019

Jelang Pencoblosan, Ini Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi Menurut 3 Lembaga Survei

Elektabilitas kedua pasangan capres dan wapres pun yang dikeluarkan lembaga survey sejak Maret ini menjadi perhatian publik.

Jelang Pencoblosan, Ini Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi Menurut 3 Lembaga Survei
(KOMPAS)
Hasil survei terbaru Litbang Kompas, 22 Februari 2019 - 5 Maret 2019. 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 hanya menyisakan waktu 28 hari lagi. Kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden pun  rajin turun ke berbagai daerah melakukan kampanye semenjak dimulai 6 bulan lalu.

Elektabilitas kedua pasangan capres dan wapres pun yang dikeluarkan lembaga survey sejak Maret ini menjadi perhatian publik. Survei terbaru dikeluarkan Litbang Kompas pada hari ini, Rabu (20/3/2019).

Sebelumnya, lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) juga sudah merilis pada 17 Maret 2019. Selain itu ada juga lembaga survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang dirilis pada 5 Maret 2019.

Berikut ini adalah dinamika elektabilitas Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga menurut 3 lembaga itu:

1. Survei Litbang Kompas

Survei Litbang Kompas menunjukkan bahwa elektabilitas Jokowi-Ma'ruf ada pada posisi 49,2 persen. Sementara Prabowo-Sandiaga ada pada posisi 37,4 persen. Sebanyak 13,4 persen responden menyatakan rahasia.

Hadapi Thailand di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Ini Prediksi Pemain Timnas U-23 Indonesia

Anggota Brimob Gugur di Nduga Anak Buruh Pelabuhan di Nunukan, Kapolda Kaltara Datangi Rumah Duka

Siapkan Diri Hadapi Ujian Nasional, Ini Jadwal dan Klik Link Kisi-kisi Soalnya

Dalam survei yang dilakukan pada 22 Februari 2019-5 Maret 2019 ini, Jokowi-Ma'ruf memang tampak lebih unggul dari Prabowo-Sandiaga. Namun, sejatinya jarak elektabilitas keduanya semakin tipis, yaitu 11,8 persen.

Ini bisa dibandingkan dengan survei Litbang Kompas sebelumnya pada Oktober 2018. Perolehan suara keduanya masih berjarak 19,9 persen.

Saat itu, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 52,6 persen, Prabowo-Sandiaga 32,7 persen, dan 14,7 responden menyatakan rahasia.

Peneliti Litbang Kompas, Bambang Setiawan, mengatakan, jika dibandingkan dengan survei sebelumnya, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf mengalami penurunan, sedangkan Prabowo-Sandiaga sebaliknya.

Halaman
123
Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved