Heboh Warga Ramai-ramai Pindah Gara-gara Doktrin Kiamat, Polisi Jaga Pondok Tempat Katimun Nyantri

Budi mengatakan, saat bertemu Katimun, dia membantah menyebarkan doktrin kiamat kepada warga.

Heboh Warga Ramai-ramai Pindah Gara-gara Doktrin Kiamat, Polisi Jaga Pondok Tempat Katimun Nyantri
KOMPAS.com/MUHLIS AL ALAWI
Anggota Polsek Badegan turun ke rumah Katimun, tokoh yang diduga menyebarkan ajaran isu kiamat sehingga 52 warga Desa Watu Bonang, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo pindah ke Kabupaten Malang, Rabu (13/3/2019) sore. 

TRIBUNKALTENG.COM, MALANG - Katimun, sosok yang disebut telah menyebar doktrin kiamat kepada 52 Desa Watu Bonang, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo, kini jadi sorotan.

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto mengatakan, telah menemui Katimun. Doktrin itu mengakibatkan 52 warga Ponorogo pindah ke Malang dan menjual tanah mereka.

Budi mengatakan, saat bertemu Katimun, dia membantah menyebarkan doktrin kiamat kepada warga.

"Saya sudah ketemu Katimun, enggak ada doktrin kiamat," ujar Budi saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Jumat (15/3/2019).

Winda Menangis Mengira Kiamat, Disuruh Baca Syahadat

Perubahan Sistem di Garuda, Keberangkatan 330 Jamaah Umroh Raihan Tour Palangkaraya Molor

Budi mengatakan, Katimun pernah nyantri di salah satu pondok pesantren di Malang. Katimun ingin memperdalam ilmu agamanya. Warga yang menjadi jamaahnya akhirnya ikut bersamanya.

"Ini memang murni ingin belajar agama kembali. Karena dulu (Katimun) pernah jadi santri di pondok ini. Dia (Katimun) pamit dengan jemaahnya, akhirnya jemaahnya pada ikut, kan tidak salahnya dia, dia juga tidak pernah doktrin," ujar Budi.

Sementara itu, Budi menilai kondisi di pondok tersebut layak untuk dijadikan tempat belajar.

Meski belum ada indikasi pidana, polisi tetap mendalami segala informasi yang berkembang. Bahkan, jajaran Polres Batu menempatkan anggotanya di pondok tersebut untuk memantau setiap perkembangan.

"Sejauh ini belum ada, tapi kami coba tetap mendalami. Meski katanya ada tapi kan kami tetap membuktikan dengan cara kami," ujar Budi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: https://regional.kompas.com/read/2019/03/15/22392631/katimun-bantah-sebar-doktrin-kiamat-yang-buat-52-warga-ponorogo-pindah-ke

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved