Kabar Palangkaraya

Transmigrasi Food Estate 1,4 Juta Jiwa Menuai Protes, Gubernur Sugianto Akan Berunding Lagi

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran menyatakan akan membicarakannya lagi program foodestate di Lamandau.

Transmigrasi Food Estate 1,4 Juta Jiwa Menuai Protes, Gubernur Sugianto Akan Berunding Lagi
(banjarmasinpost group/faturahman)
Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Adanya prokontra rencana aksi unjukrasa memprotes program transmigrasi untuk Kalteng mencapai 1,4 juta jiwa yang akan dipekerjakan untuk program foodestate yang dmulai dilakukan dalam tahun 2019 ini, menjadi perbincangan warga Kalteng.

Prokontra datang dari organisasi kemasyarakatan warga lokal, yang memprotes rencana tersebut. karena ada kekhawatiran, dengan program tersebut akan berdampak pada warga lokal yang selama ini makin terhimpit dengan banyaknya masuk pekerja luar Kalteng yang menggarap program tansmigraasi tersebut.

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran dalam rapat koordinasi kesiapan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif tahun 2019, yang digelar, Rabu (13/2/2019) turut menanggapi masalah tersebut, dan menyatakan akan membicarakannya lagi.

Diduga Cabuli Anak Dibawah Umur, Ketua Kesenian Kuda Lumping di Kapuas Ditangkap Polisi

Belasan Tahun Tak Berlistrik, Handil Basirih Darat Ditinggalkan Warganya

Gubernur Sugianto Inginkan Warga Kalteng Tak Lagi Kuliah Keluar Daerah

Dalam rapat yang dihadiri para Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota se Kalimantan Tengah serta perwakilan dari Kapolda Kalteng dan Komandan Korem 102 Panju Panjung, serta penyelenggara Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden di Kalteng tersebut, Gubernur Sugianto meMINTA, agar program yang telah jalan di Lamandau terus dilanjutkan.

"Program itu masih berjalan di Kabupaten Lamandau, kami minta program yang telah berjalan tetap di jaLankan, karena program tersebut dilakukan secara bertahap. Program Foodestate, memang membutuhkan banyak tenaga kerja, sehingga yang dipekerjakan dari warga lokal dan ada juga pendatang," ujarnya.

Pekerja Perkebunan Sawit Was-was Tak Bisa Memilih, Begini Alasannya

Liga Champions - Setan Merah di Kandangnya Ditaklukkan PSG dengan 2 Gol Tanpa Balas

Dikatakan, untuk program selanjutnyaakan dibicarakan lagi bersama beberapa pihak.

"Program itu , akan dibicarakan lagi, dan yang patut diketahui, rekrutmen tenaga transmigrasi tersebut bukan hanya warga pendatang tetapi juga melibatkan warga lokal masing-masing 50 persennya dari luar Kalteng dan separuhnya lagi dari warga Kalteng sendiri, " ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved