Kalteng Kita

Pengangguran Terbuka Kalteng Capai 54 Ribu Orang, BPS: Masih di Bawah Angka Nasional

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalteng , Syahril Tarigan, mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengembangan dan innovasi untuk member

Pengangguran Terbuka Kalteng Capai 54 Ribu Orang, BPS: Masih di Bawah Angka Nasional
tribunkalteng.com/khaitami
Kepala Disnakertrans Kalteng Syahril Tarigan

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Pemerintah Kalimantan Tengah terus berusaha memberikan pelatihan keterampilan terhadap warga Bumi Tambun Bungai yang belum memiliki pekerjaan agar bisa menciptakan lapangan kerja baru untuk mengurangi angka pengagguran.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kalimantan Tengah, tercatat angka pengangguran Bulan Agustus 2018 tercatat, sebanyak 54 ribu lebih, atau 4,01 persen, angka pengangguran terbuka di Kalteng masih berada di bawah angka pengangguran nasional.

Keluhan dari para pencari kerja di Kalteng, hingga saat ini pemerintah setempat belum optimal dalam memberikan pendanaan untuk menyediakan peralatan dan kelengkapan untuk balai pelatihan kerja sehingga daya tampungnya pun masih rendah jika dibanding jumlah pengangguran yang ada.

Paling Bahagia, di Negara Ini Pengangguran Digaji Rp 8 Juta/Bulan

Liga Champions di Babak 16 Besar - PSG Vs Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer Sudah Belajar

"Saya berharap balai latihan kerja itu diperbanyak, sehingga kami-kami yang masih kuliah atau yang baru lulus, juga adik-adik SMA atau SMK ketika lulus dan belum dapat pekerjaan bisa belajar keterampilan dari Disnaker sehingga selain ilmu kuliah ada juga keterampilan ada," ujar Fauzan, salah satu pelajar SMA di Palangkaraya, Selasa (12/2/2019).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalteng , Syahril Tarigan, mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengembangan dan innovasi untuk memberikan solusi dalam mengentaskan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran tersebut.

"Kami akan terus kembangkan pelatihan keterampilan di Balai Latihan Kerja (BLK) yang saat ini ada di Kotim, Kobar dan Palangkaraya sehingga diharapkan warga yang belum dapat pekerjaan bisa memiliki keterampilan untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru," ujarnya. (Tribunkalteng.com/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved