Pilpres 2019

Debat Perdana Pilpres 2019: Jokowi Mendominasi Pembicaraan, Ma'ruf Amin Banyak Bilang 'Cukup'

Selain tidak diberikan waktu, dalam sejumlah bahasan Maruf Amin justru menolak menambahkan pendapat, walaupun moderator berulang kali menginformasikan

Debat Perdana Pilpres 2019: Jokowi Mendominasi Pembicaraan, Ma'ruf Amin Banyak Bilang 'Cukup'
Tribunnews/JEPRIMA
Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut Joko Widodo dan Maaruf Amin saat mengikuti acara Debat Pertama Capres dan Cawapres di Gedung Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Debat Pertama ini mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme. 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Debat Perdana Pilpres 2019 hingga memasuki sesi tanya jawab atau segmen kelima, Joko Widodo atau Jokowi terlihat mendominasi.

Dibandingkan pasangannya, Ma'ruf Amin, Jokowi terlihat menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan moderator ataupun tanggapan yang disampaikan oleh pasangan calon (Paslon) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Sementara, Maruf Amin hanya menjawab satu bahasan tentang terorisme dari lima segmen pembahasan debat yang diangkat, antara lain hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Terorisme dan Korupsi.

Debat Perdana Capres 17 Januari 2019, Timses Jokowi Berharap Jadi Adu Gagasan

Babak 16 Besar Piala Asia 2019 - Vietnam Vs Yordania dan Thailand Kontra China

Selain tidak diberikan waktu, dalam sejumlah bahasan Maruf Amin justru menolak menambahkan pendapat, walaupun moderator berulang kali menginformasikan jika waktu yang diberikan masih tersisa cukup banyak.

"Cukup," ungkap Ma'ruf Amin berulang kali ketika diminta Jokowi menyampaikan pendapat.

Berbeda

Berbanding terbalik dengan pasangan nomor urut 1, penampilan paslon Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno terlihat berimbang.

Keduanya saling mendukung pendapat terkait pertanyaan ataupun tanggapan yang disampaikan lawan politiknya, Jokowi-Ma'ruf Amin.

Seperti diketahui sebelumnya, debat perdana antar kandidat Capres dan Cawapres 2019 terdiri dari enam segmen.

Segmen pertama berisi sesi penyampaian visi dan misi, segmen kedua pasangan calon (Paslon) diajukan pertanyaan oleh moderator, segmen ketiga Paslon diminta menjawab pertanyaan yang berasal dari panelis.

Sementara, pada segmen ke empat antar paslon saling mengajukan pertanyaan dan menjawab tentang Hukum dan HAM, sedangkan pada segmen kelima antar kandidat saling mengajukan pertanyaan dan menjawab mengenai korupsi dan terorisme.

Segmen keenam merupakan pemaparan penutup yang disampaikan masing-masing paslon terkait kesimpulan debat.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: http://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2019/01/18/catatan-debat-perdana-jokowi-lebih-banyak-berbicara-daripada-maruf-amin

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved