Harga Tiket Turun Sampai 60 Persen, Berlaku Sejak 11 Januari 2019

Tarif tiket penerbangan yang turun itu di beberapa rute penerbangan di antaranya Jakarta-Denpasar, Jakarta-Yogyakarta,

Harga Tiket Turun Sampai 60 Persen, Berlaku Sejak 11 Januari 2019
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINI
Ilustrasi - Penumpang saat menunggu keberangkatan di Bandara Supadio Pontianak. 

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Sempat melambung, seluruh maskapai nasional yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Penerbangan Indonesia atau INACA telah menurunkan tarif tiket penerbangan sejak 11 Januari 2019.

Tarif tiket penerbangan yang turun itu di beberapa rute penerbangan di antaranya Jakarta-Denpasar, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Surabaya, Bandung-Denpasar, dan akan dilanjutkan dengan rute penerbangan domestik lainnya.

Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Ari Askhara, mengatakan, turunnya  tarif  penerbangan itu menyusul keprihatinan masyarakat atas tingginya harga tiket.

Muncul Petisi Menolak Harga Tiket Pesawat Naik, Ini Penjelasan 3 Maskapai di Indonesia

Kini, The Red Devils Sama Poin dengan Arsenal, Ini Hasil dan Klasemen Liga Inggris Pekan ke-22

 Selain itu, adanya komitmen positif atas penurunan biaya kebandaraan dan navigasi dari para pemangku kepentingan seperti PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, AirNav, dan Pertamina.

"Di tengah kesulitan para maskapai kami tetap paham dan mengerti akan kebutuhan masyarakat dan kami memastikan komitmen memperkuat akses masyarakat terhadap layanan penerbangan nasional serta keberlangsungan industri penerbangan nasional tetap terjaga," kata Ari seperti dilansir Antaranews.com.

Ari Askhara mengatakan, penurunan harga tersebut bervariatif tergantung rute dan maskapainya.

“Jadi yang kita lakukan variatif, nanti kita cek absolutnya, jadi sampai hingga 50 sampai 60 persen, ada yang tertinggi seperti itu. Yang pasti di atas 20 persen sampai 60 persen,” ujar Ari di Jakarta, Minggu (13/1/2019) dikuip dari Kompas.com.

Ari mengakui saat masuk libur Natal dan Tahun Baru 2019 tiket pesawat sempat naik. Namun, kenaikan tersebut tidak melebihi tarif batas atas yang telah ditentukan.

“Jadi saat ini kalau bisa disampaikan, kita bisa kembali harga normal 2018 sebelum Natal dan Tahun Baru,” kata Ari.

Menurut Ari, penurunan tiket tersebut sudah dilakukan sejak pekan lalu di beberapa rute penerbangan. Penurunan itu mengikuti supply and demand.

“Sejak Jumat lalu kami sudah menurunkan tarif harga domestik khususnya Jakarta-Denpasar, Jakarta-Yogyakarta,” ucap dia.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved