Aneka Kuliner Khas Kalteng

Resep Sayur Umbut Rotan Khas Kalteng, Paling Maknyuss Dinikmati Saat Masih Panas

Bagi warga Kalteng, rotan bukan hanya dijadikan sebagai bahan pembuat perabotan rumah tangga saja tetapi juga merupakan bahan makanan yang rasanya lez

Resep Sayur Umbut Rotan Khas Kalteng, Paling Maknyuss Dinikmati Saat Masih Panas
tribunkalteng.com/faturahman
Resep Sayur Umbut Rotan, makanan Khas warga Kalteng. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Bagi sebagian orang, sayuran dari bahan umbut rotan muda yang satu ini terbilang aneh. Tapi di Kalimantan Tengah, sayuran yang satu ini menjadi salah satu kuliner khas yang sangat dikenal.

Bagi warga Kalteng, rotan bukan hanya dijadikan sebagai bahan pembuat perabotan rumah tangga saja tetapi juga menjadi bahan sayuran pendamping nasi yang rasanya lezat. Biasa, mereka menyebutnya sebagai Juhu Singkah.

Apalagi jika dicampur dengan lauk ikan sungai seperti haruan atau ikan sepat yang digoreng.

"Rasanya, maknyus, bila kita makan sama nasi putih yang masih dalam keadaan panas atau hangat sangat terasa nikmatnya. Juga jika lauknya pakai ikan asin, enak banget untuk disajikan dalam sebagai makanaan siang ," ujar Wardani warga Palangkaraya, pecinta makanan khas Kalteng ini, Sabtu (12/1/2019).

Bikin Ranjang Kian Bergoyang dengan 7 Sayur dan Buah Ini!

Dosen Bergelar Doktor Digerebek Istri, Selingkuh dengan Mahasiswi, Ini Sosoknya

Rika Astuti, salah satu Ibu rumah tangga yang kerap membuat sayur berbahan rotan mengungkapkan, Resep cara membuat sayur ini.

- Bersihkan dulu duri rotan
- Ambil rotan muda atau bagian umbutnya dan dipotong kecil-kecil sekitar panjang 2 sentimeter
- Siapkan rempah-rempah seperti cabai, bawang merah, bawang putih, serai, kunyit, dan bumbu pelengkap lainnya, kemudian, dihaluskan dan digoreng dengan minyak sayur.
- Rebus bumbu di panci dengan air secukupnya
- Setelah bumbu harum dan kecokelatan, masukkan daging, seafood, atau bahan pelengkap sayur yang ingin dicampurkan, masukkan rotan muda yang telah dipotong kecil dan oseng hingga layu.
- Masukkan santan dan tunggu hidangan matang dan makanan siap dihidangkan.

Makanan ini, sangat gampang dicari, karena di Palangkaraya dan daerah lainnya di Kalteng ada warung makan khas Kalteng yang menjual jenis makanan ini yang biasanya diberi nama kandas.

"Banyak di Palangkaraya warung yang menjual sayuran umbut rotan warung kandas lauk di jalan RTA Milono, atau warung berbagai kandas di Kompleks Bukit Hindu juga ada," ujarnya.

Penasaran bagaimana rasanya? Selamat mencoba! (tribunkalteng.com/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved