Darurat Narkoba

Gunakan Jaringan Terputus Lewat Jalur Darat Kalteng, 3 Kg Sabu Lolos Beredar

Dengan begitu, pihak BNN Kalteng akan lebih jeli lagi dalam melakukan pengawasan dalam menggagalkan peredaran narkoba yang masuk ke Kalteng.

Gunakan Jaringan Terputus Lewat Jalur Darat Kalteng, 3 Kg Sabu Lolos Beredar
Tribun Kalteng/Fathurrahman
Kepala BNN Kalteng, Brigjen Pol Lilik Heri Setiadi, saat menjelaskan hasil tangkapan BNN Kalteng. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Petugas dari lembaga terkait seperti BNNP, BNNK, kepolisian terkadang kecolongan dalam melakukan tugasnya untuk memberantas narkoba di Kalteng.

Meskipun banyak peredaran narkoba yang berhasil digagalkan oleh petugas tetapi banyak juga narkoba yang berhasil lolos dari pantauan petugas sehingga sempat beredar.

Kepala BNN Kalteng, Brigjen Pol Lilik Heri S, mengatakan, saat pihaknya menangkap jaringan pengedar narkoba asal Malaysia sebanyak tiga kilogram, ternyata ada narkoba tiga kilogram yang berhasil lolos.

Dia mengatakan, narkoba tersebut sempat beredar setelah kurir berhasil menyelundupkannya dari Malaysia masuk ke Kalteng melalui jalur darat.

Prediksi Tabrakan Antargalaksi, Ilmuwan Sebut Bumi Terpental dari Bima Sakti

Pria Mengaku Bupati Mengamuk di Klub Malam, Videonya Viral di Medsos

"Kami berhasil menggagalkan sebanyak tiga kilogram sabu saat ingin masuk ke Kalteng untuk dipasarkan di Kalsel, tetapi sebelumnya ternyata sabu berhasil masuk dengan jumlah yang sama," ujarnya.

Dengan begitu, pihak BNN Kalteng akan lebih jeli lagi dalam melakukan pengawasan dalam menggagalkan peredaran narkoba yang masuk ke Kalteng.

Rekrut Warga Lokal

Peralihan pengiriman narkoba jenis sabu khususnya yang awalnya dikirim melalui pengiriman barang lewat jalur ekspedisi menggunakan pesawat terbang ke jalur darat agar jumlah barang yang dikirim bisa lebih lancar.

Cara ini dipandang efektif, lantaran jika barang dikirim lewat jalur darat bisa melalui jalan tikus yang dikirim melalui pinggiran kota, atau perbatasan antara negara RI dan Malaysia.

Pengiriman barang dilakukan lewat sopir travel atau mobil sewaan yang dikirim lewat perbatasan Malaysia masuk lewat Kalimantan Barat hingga masuk ke Kalimantan Tengah.

Uniknya, pengiriman lewat jalur darat ini, bandar narkoba yang ada di luar negeri tersebut menggunakan kurir yang merupakan warga Kalteng sendiri yang selama ini juga masuk jaringan internasional.

Kepala BNN Kalteng, Brigjen Pol Lilik Heri S, Minggu (6/1/2019) mengungkapkan, kerap terjadi yang dipakai bandar narkoba dari luar negeri untuk dikirim ke Kalteng adalah warga lokal Kalteng sendiri atau pendatang yang telah lama memasoknya.

(banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved