Kalteng Kita

Pembangunan MAN Insan Cendekia Belum Bisa Dilanjutkan 2019, Ini Alasannya

Selain soal dana, koordinasi yang dilakukan Kemenag Kalteng juga terkait penyiapan tenaga pendidik dan kependidikan bagi MAN Insan Cendekia.

Pembangunan MAN Insan Cendekia Belum Bisa Dilanjutkan 2019, Ini Alasannya
tribunkalteng.com/mustain khaitami
Kepala Kanwil Kemenag Kalteng Masrawan 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Harapan warga Kalteng agar pembangunan gedung MAN Insan Cendekia di Palangkaraya dilanjutkan, sepertinya belum bisa segera terealisasi.

Paling tidak untuk Tahun Anggaran 2019, SLTA berbasis agama Islam yang diharapkan dapat menjadi salah satu sekolah unggulan di Kalteng ini belum mendapatkan alokasi pembiayaan dari pusat.

"Sebelumnya pada 2018, kami telah mengajukan usulan sebesar Rp 15 miliar agar pembangunan MAN Insan Cendekia bisa dilanjutkan. Tapi sepertinya, pada 2019 ini anggarannya belum teralokasi," ujar Kepala Kanwil Kemenag Kalteng Masrawan, Kamis (3/1/2019).

Seusai peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama yang digelar di halaman Asrama Haji Palangkaraya, Masrawan menyatakan, pihaknya tetap terus berupaya agar program pembangunan MAN Insan Cendekia tetap bisa berjalan.

Gedung MAN Insan Cendekia Bertahun-tahun Mangkrak, Ini Rencana Kanwil Kemenag Kalteng yang Baru

Hasil Akhir CPNS 2018 Kemenkop UKM, Infonya Klik Link Ini

Namun secara administratif, program ini tetap harus melalui koordinasi dengan Kementerian Agama pusat.

Sebelumnya, usulan kelanjutan MAN Insan Cendekia Palangkaraya kembali dilakukan Kemenag Kalteng setelah status kepemilikan tanah yang sebelumnya sempat terjadi sengketa, diselesaikan.

Lahan seluas lebih dari 10 hektare di kawasan Jalan Dulin Kandang Kelurahan Sebangau, Kecamatan Jekanraya, itu resmi mendapatkan sertifikat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Selain soal dana, koordinasi yang dilakukan Kemenag Kalteng juga terkait penyiapan tenaga pendidik dan kependidikan bagi MAN Insan Cendekia. Dengan begitu, pada 2020 sekolah ini telah bisa dioperasikan.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan Kemenag pusat terkait rencana perekrutan calon siswa. Walaupun gedung sekolah belum selesai dan sementara bisa memanfaatkan gedung PSPB milik Kemenag di Jalan Tjilik Riwut kilometer 4, paling tidak ini bisa menjadi penanda keseriusan mendirikan MAN Insan Cendekia di Palangkaraya," timpal Masrawan. (TRIBUNKALTENG.COM/mustain khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved