Kabar Kapuas

HMI Kapuas Kutuk Pemerintah Cina, Gekar Solidaritas Muslim Uighur di Xinjiang China

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kuala Kapuas menggelar aksi solidaritas untuk Muslim Uighur di Xinjiang China.

HMI Kapuas Kutuk Pemerintah Cina, Gekar Solidaritas Muslim Uighur di Xinjiang China
(istimewa/HMI Cabang Kuala Kapuas)
HMI Cabang Kuala Kapuas menggelar aksi solidaritas untuk muslim Uighur di Xinjiang China, dimana aksi digelar di sekitar Taman Kota, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Kamis (20/12). 

TRIBUNKALTENG.COM, KAPUAS - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kuala Kapuas menggelar aksi solidaritas untuk Muslim Uighur di Xinjiang China, Kamis (20/12/2018) pagi.

Mahasiswa dalam aksi yang dipusatkan di sekitar Taman Kota, Jalan Tambun Bungai, Kota Kuala Kapuas itu membentangkan Spanduk bertuliskan "Hentikan Penindasan & Berikan Kebebasan Beragama untuk Muslim Uyghur di Xinjiang China".

Lalu beberapa karton pendukung aksi dan bendera merah putih serta bendera organisasi HMI juga dibawa saat aksi solidaritas tersebut.

Via Vallen Diperiksa Polda Jatim Terkait Kasus Kosmetik Ilegal, Ditanya Seputar Hal Ini

Jualan Sabu, Dua Pasutri Kapuas Timur Ini Ditahan

BREAKING NEWS: Resmi, Inilah Pelatih Pengganti Bima Sakti di Timnas Indonesia Senior

Melalui pengeras suara, beberapa orator menyampaikan orasinya. Satu diantaranya yang disampaikan oleh Kader HMI Kuala Kapuas, Isman Hakim.

"Kami mengutuk keras dan mengecam Pemerintah China atas pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) terhadap muslim Uighur," ucapnya dengan lantang.

Aksi solidaritas untuk Muslim Uighur tersebut dilaksanakan sekitar dua jam. Berjalan aman, tertib dan lancar.

"Aksi solidaritas untuk Muslim Uighur di Xinjiang China, digelar serentak HMI se-Indonesia, termasuk kami HMI Cabang Kuala Kapuas," ungkap Ketua Umum HMI Cabang Kuala Kapuas, Muhammad Rifai.

Dalam pernyataan sikapnya, mereka mengutuk keras terhadap tindakan Pemerintah China kepada muslim Uighur di Xinjiang China.

Namanya Disebut Andi Darussalam Terlibat Pengaturan Skor, Maman Abdurahman Bilang Begini

Selanjutnya, mendesak Pemerintah China untuk menghentikan tindakan pelanggaran HAM, penindasan dan memberikan kebebasan beragama minoritas Islam Uyghur China.

“Kami mendesak Pemerintah China agar menjamin dan melindungi hak muslim Uyghur untuk bebas beribadah dan menjalankan syariat agama Islam yang merupakan bagian dari HAM,”ungkap M Rifai dalam orasinya.(banjarmasinpost.co.id/fadly setia rahman)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved