Tunjangan Babinsa Naik dan Segera Dirapel, Ini Alasan Presiden Jokowi

Presiden Jokowi mengawalinya dengan bertanya kepada para Babinsa terlebih dahulu soal pencairan tunjangan operasional.

Tunjangan Babinsa Naik dan Segera Dirapel, Ini Alasan Presiden Jokowi
Kompas.com/Fabian Januarius Kuwado
Presiden Joko Widodo berselfie bersama 3.300-an Babinsa dari Kodam Iskandar Muda, Kodam I Bukit Barisan dan Kodam II Sriwijaya, di Balai Room Universitas Jambi, Minggu (16/12/2018). 

TRIBUNKALTENG.COM, JAMBI - Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasannya mengambil kebijakan peningkatan kesejahteraan bagi prajurit TNI.

Saat memberikan pengarahan kepada 3.300-an prajurit Babinsa dari Kodam Iskandar Muda, Kodam I Bukit Barisan dan Kodam II Sriwijaya di Balai Room Universitas Jambi, Minggu (16/12/2018),

Presiden Jokowi mengawalinya dengan bertanya kepada para Babinsa terlebih dahulu soal pencairan tunjangan operasional.

2019 Gaji PNS dan Pensiunan Naik, Plus THR dan Gaji ke-13, Segini Besarannya

Sambut Hari Ibu 2018, Ini 4 Fakta Sejarah Awal Mula Hingga Tatacara Perayaan

"Tadi sudah disampaikan Panglima TNI bahwa tunjangan (operasional) Babinsa sudah diberikan. Sudah diterima, benar?" ujar Jokowi.

"Sudah," jawab para Babinsa dengan kompak sambil bertepuk tangan.

Jokowi melanjutkan, kebijakan peningkatan kesejahteraan TNI itu dilakukan karena menyerap aspirasi dari bawah.

"Karena setiap saya ke desa, ke daerah, ada yang bisikin saya, 'Pak Presiden, tunjangan operasional (Babinsa) masih kurang banget. Jauh Pak kalau dibandingkan Babinkamtibmas (Polri)'," lanjut Jokowi.

"Suara-suara seperti itu saya dengar. Karena saya sering ke bawah, ke desa. Jangan dikira saya enggak dengar," ujar dia.

Presiden sekaligus mengklarifikasi soal kenaikan tunjangan kinerja yang sempat tertunda sejak Juli 2018. Ia memastikan, tunjangan operasional TNI akan dicairkan pekan depan.

"Sebetulnya sudah kita dorong agar Juli (2018) bisa diberikan. Tetapi memang prosedur keuangan kita muter-muter, ruwet sekali. Dari Kemenhan, mesti lagi ke Kemenkeu. Mesti kita kejar," ujar Jokowi.

"Tapi tadi sudah dipastikan Panglima TNI dipastikan, (tunjangan kinerja) akan saudara-saudara terima di minggu depan ini," lanjut dia disambut tepuk tangan para Babinsa.

Menurut Jokowi, dengan besaran tunjangan sekitar Rp 1 juta, maka para anggota Babinsa itu akan menerima rapel tunjangan sekitar Rp 6 juta.

"Harga di desa-desa kan masih murah itu, bisa ditabung," katanya.
(Fabian Januarius Kuwado)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Jokowi Naikkan Tunjangan TNI", https://nasional.kompas.com/read/2018/12/16/10575051/alasan-jokowi-naikkan-tunjangan-tni

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved