Kalteng Kita

Blank Spot, 234 Desa di Kalteng Belum Terjangkau Jaringan Telepon Selular

Ini, menyulitkan akses warga yang ada di ratusan desa tersebut untuk berkomunikasi menggunakan telepon selular.

Blank Spot, 234 Desa di Kalteng Belum Terjangkau Jaringan Telepon Selular
Pinterest
Ilustrasi 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Tengah melakukan pendataan terhadap desa atau kelurahan yang tidak terjangkau sinyal telepon selular (Ponsel) dalam tahun 2018, melalui rilis resmi di aula Kantor BPS di jalan Piere TEndean Palangkaraya.

Berdasarkan data yang dihimpun BPS Kalteng tercatat ada sebanyak 243 desa se Kalteng yang ternyata belum terjangkau jaringan ponsel.

Ini, menyulitkan akses warga yang ada di ratusan desa tersebut untuk berkomunikasi menggunakan telepon selular.

Bukan dari Alien, Terungkap Sinyal Radio Misterius di Luar Angkasa

kunjungi Korban Kebakaran di Gang Rahayu, Wali Kota Ungkap Rencana Bangun Sumur Bor

Beberapa warga desa yang ada Kecamatan Mantangai, Kapuas, mengaku, selama ini memang belum ada jaringan telepon selular yang dibangun di lokasi tersebut sehingga warga memang belum bisa memanfaatkan telepon selular.

"Di desa yang lokasinya jauh dari kota memang belum bisa menggunakan telepon selular karena jaringan telepon selular belum ada, belum ada tower telepon selular di desa yang ada di pinggiran Mentangai," ujar Topan, warga Mentangai, Senin (10/12/2018).

Sementara itu, keterangan Kepala BPS Kalteng, Yomin Tofri, ada sebanyak 234 desa di Kalteng yang belum terjangkau jaringan ponsel, warganya tidak bisa menggunakan telepon selular, akibat belum adanya sinyal telepon selular.

Tercatat, untuk Kabupaten Barito Selatan, Bartim, Pulangpisau, Palangkaraya, semua desanya sudah terkoneksi untuk jaringan selular, tetapi untuk kabupaten lainnya masih banyak yang belum terjangkau jaringan telepon selularnya.

Tercatat, Kabupaten Gunungmas ada 40 desa yang belum terjangkau, Murungraya 28 desa, Barut 21 desa, Kapuas 22 desa, Kotim 24 desa, Kobar 4 desa, Sukamara 1 desa, Lamandau 21 desa, Seruyan 27 desa, Katingan 46 desa yang semuanya mencapai 234 desa.

www.banjarmasinpost.co.id/ faturaman

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved