Kabar Kalsel

Dibacakan Manaqibnya Saat Haul, Ini Nama Sesungguhnya Datu Pamulutan

Haul Datu Pamulutan yang berlangsung di aula Pondok Pesantren Asy Syafiiyah Tanahlaut berlangsung khikmad, Kamis (29/11/2018).

Dibacakan Manaqibnya Saat Haul, Ini Nama Sesungguhnya  Datu Pamulutan
(banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid)
Haul Datu Pamulutan, di Aula Pondok Pesantren Asy Syafiiyah Datu Pemulutan, Desa Tanjungdewa, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut, Kamis (29/11/2018). 

TRIBUNKALTENG.COM, PELAIHARI - Haul Datu Pamulutan yang berlangsung di aula Pondok Pesantren Asy Syafiiyah Datu Pemulutan, Desa Tanjungdewa, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut berlangsung khikmad, Kamis (29/11/2018).

Ribuan warga larut dalam rangkaian acara haul yang kali ini sekaligus dirangkai dengan kegiatan masyarakat Desa Tanjungdewa memperingati kelahiran atau Maulid Nabi Muhammad SAW.  Digelaran itu, juga dibacakan manaqib atau riwayat singkat Datu Pamulutan.

Penceramah dalam kegiatan tersebut didatangkan dari Kota Malang, Jawa Timur, Habib Abu Bakar Bin Abdul Kadir Mauladawillah.

Manager Kalteng Putra Bantah Isu Pengaturan Score Saat Melawan PS Mojokerto Putra, Ini Penjelasannya

Rumahnya Ludes Dilalap Api, Tubuh Masdan Ditemukan Tewas Terbakar

Ibunda Presenter Ayu Dewi Meninggal, Luna Maya Ajak Semua Orang Berdoa

Tiara, warga Pelaihari, diantara jamaah yang hadir dalam acara tersebut mengaku kali pertama hadir di acara haul Datu Pamulutan. Itu karena keinginan yang kuat ingin menyimak riwayat kehidupan haul Datu Pamulutan.

"Saya dari Pelaihari bersama teman yang kebetulan berasal dari Desa Tanjungdewa juga. Niat saya hanya ingin hadir saja," katanya.

Ribuan warga menghadiri haul Datu Pamulutan, di Aula Pondok Pesantren Asy Syafiiyah Datu Pemulutan, Desa Tanjungdewa, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut, Kamis (29/11/2018).
Ribuan warga menghadiri haul Datu Pamulutan, di Aula Pondok Pesantren Asy Syafiiyah Datu Pemulutan, Desa Tanjungdewa, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut, Kamis (29/11/2018). ((banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid))

Dalam acara haul itu dibacakan riwayat singkat siapa Datu Pamulutan dan kenapa disebut sebagai seorang wali dibacakan, Muhammad Kasni.

Datu Pamulutan ternyata, bernama H Muhammad Tohir dari Kesultanan Banjar. Ia diduga pejuang sekaligus menyiarkan ilmu pengetahuan agama Islam.

Gol Tunggal Christian Eriksen Menangkan Tottenham Hotspur Vs Inter Milan di Grup B Liga Champions

Satu Pekan Pasca Disiram Air Keras, Begini Kondisi Terakhir Kadiv PAS Kemenkumham Kalsel

Semasa hidupnya dikenal pencari burung, warga setempat kerap menyebut memulut, sehingga kerap disebut Datuk Pamulutan.

Kubah makam Datu Pamulutan berada di pulau, sekitar 30 menit , jaraknya dari pesisir pantai Tanjungdewa menggunakan kapal perahu bermotor. (banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved