Kabar Dunia

Iran Bagian Barat Diguncang Gempa 6,3 SR, 115 Orang Terluka

Perlu diketahui, setahun lalu, gempa serupa pernah terjadi dan berkekuatan lebih dahsyat yakni 7,3 skala richter serta menewaskan 600 orang.

Iran Bagian Barat Diguncang Gempa 6,3 SR, 115 Orang Terluka
Ilustrasi 

TRIBUNKALTENG.COM, KERMANSHAH - Gempa bumi berkekuatan 6,3 skala richter telah mengguncang Iran bagian Barat, dekat perbatasan Irak.

Pada hari Minggu kemarin, US Geological Survey (USGS) melaporkan,bahwa gempa tersebut berada pada kedalaman 65 km dan menghantam 114 km Barat Laut kota Ilam di provinsi Kermanshah, Iran.

Dikutip dari laman Al Jazeera, Senin (26/11/2018), stasiun televisi pemerintah Iran menyampaikan, enam tim SAR telah dikirim ke daerah itu.

Sejauh ini belum ada korban tewas yang dilaporkan, namun sedikitnya 115 orang terluka di Sarpol-e Zahab dan kota Gilan-e Gharb yang berdekatan, kata Gubernur Kermanshah Houshang Bazvand kepada kantor berita Fars.

Intip Kepribadian Anak dari Jam Kelahirannya, Bener Gak ya?

37 Tahun Mengabdi Jadi Guru Honor, Slamet Dapat Penghargaan dari Bupati Kapuas

Sementara itu Kepala Layanan Darurat Negara Pirhossein Koulivand mengatakan kepada kantor berita tersebut bahwa korban luka bukan disebabkan reruntuhan gempa, melainkan terjatuh saat mencoba lari.

"Belum ada laporan mengenai korban jiwa dan sebagian besar korban mengalami luka saat mencoba lari, bukan karena kerusakan akibat gempa," kata Koulivand.

Perwakilan dari Bulan Sabit Merah Iran, Morteza Salimi mengatakan, daerah itu memang dibangun kembali pasca diguncang gempa pada tahun lalu, namun para pejabat berharap tidak ada korban tewas akibat bencana tersebut.

Sedangkan Kepala Pusat Seismologi Iran Ali Moradi memaparkan, "gempa tersebut tidak terjadi di dekat kota-kota besar, namun begitu, gempa mungkin tetap menyebabkan kerusakan di sejumlah desa dan saya harap hanya sedikit desa yang terkena dampak gempa,".

Pada kesempatan yang sama, media pemerintah Irak mengatakan bahwa gempa tersebut dirasakan pula di Baghdad dan di kawasan Erbil yang berada di wilayah Kurdistan.

Gempa terjadi di dekat Sarpol-e Zahab di provinsi Kermanshah Iran.

Perlu diketahui, setahun lalu, gempa serupa pernah terjadi dan berkekuatan lebih dahsyat yakni 7,3 skala richter serta menewaskan 600 orang.

Iran memang terletak di sesar seismik utama dan rata-rata mengalami gempa bumi sekali setiap harinya, menurut kantor berita The Associated Press.

Pada 2003 silam, gempa berkekuatan 6,6 skala richter pernah mengguncang kota bersejarah Bam di Iran Selatan dan menewaskan 26 ribu orang.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Gempa 6,3 Skala Richter Guncang Bagian Barat Iran

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved