Kalteng Kita

Hari Ini PLN Lakukan Pemadamanan Listrik Palangkaraya, Katingan dan Kotim

Mengingat tegangan listrik yang melintasi jaringan tersebut sangat besar, demi keamanan petugas, pekerjaan harus dilakukan dalam kondisi jaringan

Hari Ini PLN Lakukan Pemadamanan Listrik Palangkaraya, Katingan dan Kotim
tribunkalteng.com/faturahman
Petugas saat memasang tower PLN darurat di lokasi tower roboh di Jalan Mahirmahar, Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau Palangkaraya. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk tiga daerah yakni Palangkaraya, Katingan, dan Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Sabtu (24/11/2018) akan mengalami pemadaman.

Pemadaman dilakukan sejak pukul 08.30 wib - 12.30wib atau selama empat jam untuk tiga daerah tersebut.

Keterangan Humas PLN Kalselteng yang diinformasikan, Manager PLN, Faisal Muslim, menyebut pemadaman tersebut dilakukan karena PLN akan pindahkan Ground Stell Wire (GWS) sebuah perangkat kelistrikan yg terpasang pada Tower SUTT.

Alat ini berfungsi sebagai pelindung dari sambaran petir, sebab itu PT PLN (Persero) dalam menjaga kehandalan suplai listrik harus segera melakukan pemindahan GSW dari Tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) No 319 ke Tower Emergency yang terletak di Jalan Mahir Mahar.

Listrik Padam, Warga Palangkaraya Ramai-ramai Nginap di Hotel Demi Bisa Ngecas Ponsel

Xavi Hernandez akan Pensiun dan Nyatakan Belum Siap Latih Barcelona

Sebelumnya GSW tersebut terjepit di bagian ujung Tower 319 yg terkena dampak kejadian pada tanggal 2 November 2018 lalu, disaat tower PLN roboh sehingga mengakibatkan tiga daerah tersebut padam total dan dikenakan pemadaman bergilir, karena PLN mengandalkan pembangkit lokal.

Mengingat tegangan listrik yang melintasi jaringan tersebut sangat besar, demi keamanan petugas, pekerjaan harus dilakukan dalam kondisi jaringan tidak bertegangan (padam).

"Maka, Sabtu, 24 November 2018, hari ini, antara pukul 08.30‬ .– 12.30 Wib, sekitar jam) kelistrikan di wilayah Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan dan Kabupaten Kotawaringin Timur dan sekitarnya mengalami pemadaman," ujarnya.

Selain pekerjaan memindahkan GSW, secara paralel juga akan dilakukan pemindahan konduktor dari Tower SUTT No. 321 ke Tower Emergency. " Ini, sebagai langkah antisipasi, karena berdasarkan pengecekan, Tower SUTT No. 321 harus dilakukan perbaikan juga," ujarnya lagi.

Ada 2 tim yg bekerja, satu tim memindahkan GSW dari Tower 319 dan satu tim lagi memindahkan konduktor dari Tower 321 ke Tower Emergency yang sudah disiapkan sebelumnya.

Sementara suplai listrik dari sistem Interkoneksi Kalselteng terhenti, pasokan listrik untuk sementara disuplai dari PLTD Kahayan Palangkaraya dan PLTD Baamang Sampit, dengan total daya mampu hanya 17,5 Mega Watt (MW) saja.

"Ini, Hanya mampu melayani fasilitas umum seperti rumah sakit, rumah ibadah, bandara dan fasilitas umum lainnya saja. Kami berusaha menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin agar suplai listrik ke pelanggan kembali normal," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved