Air Terjun di Nganjuk Ini Mendadak Berwarna Hitam Pekat, Begini Penjelasan BNPB

Penjelasan lain menyebutkan air itu tercampur dengan pasir hingga berubah warna menjadi hitam. Kejadian ini bahkan disebut sebagai sebuah pertanda

Air Terjun di Nganjuk Ini Mendadak Berwarna Hitam Pekat, Begini Penjelasan BNPB
instagram
Air terjun Sedudo di Nganjuk, Jawa Timur berubah menjadi hitam. 

TRIBUNKALTENG.COM - Tidak seperti biasanya, air terjun Sedudo di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Nganjuk, Jawa Timur mengalirkan air berwarna hitam pekat.

Air hitam itu mengalir dengan debit yang cukup deras dari ketinggian kurang lebih 105 meter. Orang-orang yang baru mengetahui fenomena semacam ini pun dibuat heran.

Tidak adanya informasi yang menjelaskan kejadian itu, menyebabkan banyak informasi simpang siur beredar di media sosial dan pesan grup WhatsApp.

Ada yang menyebut luapan air hitam di air terjun itu merupakan banjir bandang, karena hujan turun. Ada pula informasi yang menyebutkan bendungan yang jebol sehingga air meluap sedemikian derasnya.

VIDEO: Pesona Air Terjun Tujuh Tingkat Rampah Piruah Desa Haruyan Dayak

Pegawai Swasta Direkrut Jadi ASN, Menpan-RB: Untuk Isi Jabatan Eselon I dan II

Penjelasan lain menyebutkan air itu tercampur dengan pasir hingga berubah warna menjadi hitam. Kejadian ini bahkan disebut sebagai sebuah pertanda buruk.

Namun, Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional dan Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengklarifikasi fenomena yang tejadi di air terjun kawasan wisata itu.

Melalui akun Twitter miliknya, @Sutopo_PN, pada Rabu (14/11/2018) Sutopo menjelaskan, kejadian ini merupakan akibat dari adanya kebakaran hutan yang terjadi sebelum musim penghujan tiba.

Sehingga abu bekas kebakaran di bagian atas, terbawa bersama aliran air.

Sutopo juga menegaskan kejadian ini hanya terjadi sementara waktu. Ketika abu sisa kebakaran di bagian hulu sungai sudah habis, maka warna air akan kembali normal sebagaimana biasanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan situs: https://regional.kompas.com/read/2018/11/14/16280281/air-terjun-sedudo-di-nganjuk-berwarna-hitam-ini-penjelasan-bnpb.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved