Info CPNS 2018

Pelamar Tes CPNS 2018 Berguguran karena Passing Grade, KemenPAN RB Janjikan Solusi

Banyak keluhan peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tentang tingginya batas minimal nilai atau passing grade yang ditetapkan untuk bisa lulus di

Pelamar Tes CPNS 2018 Berguguran karena Passing Grade, KemenPAN RB Janjikan Solusi
tribunkalteng.com/faturahman
Para peserta saat memantau hasil pengumuman seleksi kompetensi dasar seleksi CPNS Kemenag Kalteng. 

TRIBUNKALTENG.COM - Banyak keluhan peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tentang tingginya batas minimal nilai atau passing grade yang ditetapkan untuk bisa lulus di tes CPNS 2018.

Banyak peserta tidak lolos tes SKD disebabkan mereka tidak dapat memenuhi passing grade atau nilai ambang batas yang ditentukan panitia seleksi CPNS tahun ini.Padahal sebelumnya peserta lolos di seleksi administrasi CPNS 2018 via sscn.bkn.go.id.

KemenPAN RB janjikan solusi untuk peserta tak lolos tes SKD karena tak memenuhi passing grade. Sementara Badan Kepegawaian Negara tetap bersikukuh passing grade sudah disesuaikan.

Di beberapa daerah memang hanya sedikit peserta tes SKD yang dapat memenuhi passing grade. Bahkan banyak kepala daerah kecewa, karena peserta lolos tes SKD tidak memenuhi kuota formasi CPNS 2018 yang ditawarkan.

Pelamar Gugur Tes TKP SKD CPNS 2018 Bisa Lolos ke SKB, Ini Syaratnya

Jangan Anggap Remeh Kampas Rem! Malas Mengganti, Nyawa Taruhannya

Seperti diketahui, kriteria penetapan kebutuhan CPNS 2018 diatur melalui Peraturan Menteri (Permen) Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2018. Adapun nilai ambang batas juga diatur melalui Permenpan RB tersebut.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara ( Kemenpan RB) Mudzakir menyampaikan, adanya penetapan nilai ambang batas merupakan hasil dari pembahasan panitia seleksi nasional CPNS dengan anggota berbagai kementerian atau lembaga.

Terkait dengan apakah akan ada penurunan passing grade, saat ini Kemenpan RB belum mengambil keputusan.

"Saat ini kami masih berpegang pada ketentuan yang ada," kata Mudzakir saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/11/2018). Passing grade yang ada, lanjut dia, dimaksudkan untuk menjaring CPNS yang unggul.

Sejumlah pelamar CPNS di Kantor Kemenag Kalteng saat memantau hasil tes CPNS. (tribunkalteng.co/fathurahman)Ia menambahkan, pihaknya menyadari bahwa banyak pelamar yang tidak lolos. "Hal ini akan dicarikan solusinya yang baik," ujar dia.

Sementara itu beberapa twit yang menulis mengenai ketidaklolosan peserta SKD karena tak dapat memenuhi passing grade yang telah ditentukan panitia seleksi nasional CPNS tahun ini.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved