Kabar Kampus

Pendaftaran Hari Terakhir, Ini Tiga Kandidat Calon Rektor IAIN Palangkaraya

Sampai pukul 09.00 WIb, tercatat sudah ada tiga bakal calon yang mendaftar.

Pendaftaran Hari Terakhir, Ini Tiga Kandidat Calon Rektor IAIN Palangkaraya
Istimewa
Gedung FTIK IAIN Palangkaraya 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Selasa (6/11/2018), merupakan hari terakhir masa pendaftaran bakal calon Rektor IAIN Palangkaraya.

Sampai pukul 09.00 WIb, tercatat sudah ada tiga bakal calon yang mendaftar. 

"Sampai siang ini, sudah ada tiga nama yang mengambil formulir pendaftaran. Terakhir, yang masuk adalah Doktor Sadiani," ujar Sekretaris Tim Seleksi dan Penjaringan Bakal calon Rektor IAIN Palangkaraya periode 2019-2023 Akhmad Riady kepada Tribunkalteng.com, Selasa (6/11/2018).

Baca: Tengkorak, Pemandangan, atau Anak Perempuan yang Pertama Kali Kamu Lihat? Cari Tahu Kepribadianmu!

Baca: Sempat Curigai Denny Sumargo Main Dukun, Teman-teman Dita Soedarjo Sampai Ngecek Segala

Sebelumnya selain Sadiani, ada dua nama lain yang telah mengambil formulir oendaftaran. Mereka adalah Sardimi dan Sabian Usman.

Masuknya nama Sadiani pada last minute hari terakhir pendaftaran seakan menjadi angin segar bagi panitia.

Itu karena, rencana perpanjangan waktu pendaftaran sempat akan dilakukan mengingat jumlah bakal calon tidak memenuhi ketentuan.

Sesuai Keputusan Dirjen Pendidikan Islam nomor 7293/2015 tentang Pedoman Penjaringan, Pemberian Pertimbangan dan Penyeleksian Rektor/Ketua PTKIN pada Kementerian Agama, sistem pemilihan calon rektor di IAIN Palangkaraya tidak lagi dilakukan melalui rapat senat.

Para bakal calon yang dianggap memenuhi syarat, nantinya akan teruskan kepada Menteri Agama oleh Tim Seleksi dan selanjutnya ditetapkan sebagai rektor setelah melalui beberapa langkah pengujian, termasuk uji kelayakan dan kepatutan (fit and propper test).

Mereka yang akan bertarung dalam bursa calon rektor juga terbuka bagi seluruh dosen di 57 PTKIN yang ada di Indonesia.

"Dengan kata lain, dosen dari PTKIN lain memiliki peluang terpilih menjabat sebagai Rektor di IAIN Palangkaraya. Kami sudah sosialisasikan hal ini kepada seluruh PTKIN se-Indonesia," timpal Riady.

Sebagaimana jadwal, tim seleksi sudah mulai menerima berkas pendaftaran bakal calon Rektor IAIN Palangkaraya pada 1-6 November 2018, verifikasi kelengkapan persyaratan administrasi 7-11 November 2018, pengumuman hail verifiksi 12 November, dan penyerahan hasl verifikasi dan kelengkapan administrasi 13 November 2018. (TRIBUNKALTENG.COM/mustain khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved