Bawang Dayak si Bawang Hantu

Bawang Dayak Berkhasiat Sembuhkan Beragam Penyakit, Ini Hasil Penelitian Ilmiah

bawang dayak termasuk jenis tanaman umbi-umbian yang ajaib, karena bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Bawang Dayak Berkhasiat Sembuhkan Beragam Penyakit, Ini Hasil Penelitian Ilmiah
Istimewa
Bawang Dayak di Kembangkan Petani Desa Mentaya Seberang, Kecamatan Seranau, Sampit,Kotim, Kalteng dengan menanam di kebun mereka. 

TRIBUNKALTENG.COM - BAWANG Dayak merupakan obat herbal yang selama ini dipakai oleh orang dayak untuk pengobatan secara turun-temurun sejak lama, terutama untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Dikutip dari salah satu tulisan, dr. Ahmad Muhlisin, yang meneliti bawang dayak , menjelaskan bawang dayak termasuk jenis tanaman umbi-umbian yang ajaib, karena bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Menurutnya, bawang dayak banyak dibudidayakan di Pulau Borneo Kalimantan, dengan nama latin Eleutherine palmifolia L. Merr.

"Tanaman ini, secara turun temurun oleh masyarakat Dayak digunakan sebagai obat alternatif dalam mengatasi berbagai penyakit," ujarnya.

Baca: Utang Capai Rp 1 Triliun, Pelopor Teh Celup Indonesia Dinyatakan Pailit

Baca: Ibu Guru dan Mantan Murid Digerebek Saat Berbuat Asusila, 5 Fakta Ini Terungkap

Baca: Candi Borobudur Rusak Parah Saat Pertama Kali Ditemukan, Fotonya Viral

Bawang dayak memiliki rupa yang mirip dengan bawang merah yang biasa kita kenal. Dengan warna merah pada umbinya, hijau pada daunnya dan bunganya yang berwarna putih memikat.

Jika ditelaah lebih dalam, barulah kita dapat membedakan keduanya.

Bawang dayak memiliki permukaan yang licin, bau yang tidak menusuk dan ketika mengirisnya pun tidak menyebabkan mata perih layaknya bawang merah pada umumnya.

Ciri khas lainnya, apabila di pegang maka warna merah pada bawang dayak ini akan menempel di tangan.

Beberapa hasil penelitian bawang dayak, diketahui memiliki kandungan fitokimia seperti alkaloid, flavanoid, steroid, glikosida, fenolik dan zat tanin yang kesemuanya berperan besar terhadap kesehatan.

Maka tak mengherankan, dengan berbagai kandungannya tersebut, pantaslah apabila bawang dayak dijadikan sebagai tanaman obat modern dalam kehidupan manusia saat ini.

"Manfaat atau khasiat bawang dayak begitu beragam. Mulai dari menyembuhkan penyakit ringan seperti flu atau sembelit, hingga dapat membantu mengobati penyakit berat seperti hepatitis, kanker, hipertensi dan beberapa penyakit lainnya," ujarnya. (TRIBUNKALTENG.COM/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved